Arti POV
Media Sosial

Apa Sih Arti Dari POV? Kamu Harus Tahu!

Pernah mendengar istilah POV di media sosial? Itu ternyata ada artinya. Berikut arti POV beserta contohnya.

Baru-baru ini lagi ramai penggunaan istilah asing di beberapa konten baik itu meme gambar atau video pendek. Istilah yang dimaksud adalah “POV”
Namun sebelum membahas lebih jauh, sebenarnya kamu itu tahu enggak arti dari POV?

Melansir dari Wantek.ID, POV adalah singkatan dari Point of View, dalam Bahasa Indonesia bisa diterjemahkan dengan “sudut pandang” seseorang.

Pasti kalau kamu tidak sering bolos waktu jam pelajaran Bahasa Indonesia, seharusnya familiar sekali dengan istilah ini.

Karena faktanya istilah POV sudah sering disebutkan dalam mata pelajaran tersebut, terutama bagian materi cerpen dan novel.

Lantas apa kaitannya istilah tiga huruf ini dengan fenomena kebiasaan warganet di media sosial?

Singkatnya ketika kamu menaruh kata “POV” pada suatu konten, maka orang yang melihat konten tersebut seakan-akan berada dalam posisi yang sedang di alami oleh karakter tertentu yang ada di gambar atau video tersebut.

Bahasa mudahnya, “memberikan peran kepada pembaca atau orang yang melihat konten tersebut” tujuan utamanya tentu hanya sekadar hiburan, ada juga yang kritik dan sindiran.

Kalau Cek Kamus, POV Itu Artinya Apa?

Karena terhitung akronim(singkatan) dari suatu istilah bahasa inggris, kata POV mempunyai penjelasan yang sama, yakni sudut pandang alias Point of View.

Tidak ada penjelasan yang berbeda dengan yang sebelumnya, sebagai tambahan POV ini biasanya menjadi unsur intrinsik (membangun dari dalam) suatu karya sastra berbentuk novel atau cerita.

Google Terjemah Tidak Tahu Arti Dari POV!

Meskipun dikenal sebagai mesin terjemahan yang canggih dan mampu menterjemahkan berbagai bahasa, faktanya google terjemah ini tidak mampu menterjemahkan istilah POV.

Kamu bisa mengeceknya sendiri, sepertinya hal ini terhitung wajar. Dengan begitu banyaknya kata singkatan di luar sana menginput data akronim satu per satu pasti menyusahkan.

Hal ini dikarenakan google translate itu mesin yang berbasis teknologi robot. Ia akan sedikit sulit untuk menyesuaikan gaya bahasa manusia yang sering di singkat-singkat seperti istilah POV.

POV Dalam Prespektif Orang Luar Negeri

Bagi kamu yang kebetulan bisa bahasa inggris mungkin pernah mencari konten hiburan berupa meme berupa gambar atau video.

Istilah POV ini benar-benar ramai dan menjadi andalan bagi mereka ketika menyisipkan konten, semua orang yang merespons postingan tersebut juga sudah paham dengan arti dari POV tersebut.

Kamu bisa mengeceknya langsung di postingan media sosial luar negeri atau hanya sekadar mengetikan kata kunci “pov meme” saja. Mesin pencari dengan senang hati akan memberikan hasil pencarian yang jumlahnya mencapai jutaan.

Kami yakin setelah melihat contoh visualnya kamu pasti akan paham dengan penggunaan istilah POV.

Contoh Penggunaan Kata POV

Berikut beberapa contoh penggunaan kata POV, kamu perlu membayangkan sambil mengimajinasikannya juga ya:

  • POV:Kamu anak bandel di sekolah sedang berusaha sekuat tenaga untuk mendengarkan penjelasan guru matematika
POV Kamu anak bandel di sekolah

Kalimat seperti itu berusaha mengungkapkan bahwa pembahasan di kelas sangat membosankan sehingga membuat siapa saja mengantuk, terlebih lagi anak bandel yang sukanya datang terlambat.

  • POV: kamu adalah pengguna bajakan yang jujur
kamu adalah pengguna bajakan yang jujur

Meme di atas secara jujur memposisikan pembaca sebagai pengguna bajakan yang menonton film di situs ilegal. Tidak sedikit yang tersenyum malu atau bahkan pura-pura merasa tidak bersalah saat membaca meme sindiran seperti ini.

Itu baru dua dari sekian banyaknya contoh penggunaan POV di internet. Sepertinya kaum milenial memang tidak pernah berhenti untuk memberikan penyebutan unik dalam menggunakan media sosial.

Selagi hal itu hanya bersifat hiburan tentu tidak masalah. Bagaimana apakah kamu sudah paham arti dari istilah POV? Jangan lupa untuk membagikan informasi ini ke teman-teman kamu ya.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.