Aplikasi Membuat CV yang Bagus
Teknologi

5 Aplikasi Membuat CV di HP dan Laptop yang Bagus

Terdapat aplikasi membuat CV baik mobile (android atau ios) maupun website apps yang dapat kamu coba untuk menghasilkan CV berkualitas. Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut juga memudahkan kita dalam menyusun struktur serta kalimatnya.

Dengan bantuan aplikasi berikut, kamu tidak butuh skill desain atau menulis yang baik untuk menghasilkan CV yang bagus secara struktur dan desain. Tinggal klik template, lalu sesuaikan isinya dengan diri masing-masing.

Apa saja aplikasinya? Berikut kami ulas aplikasi pembuat CV terbaik di HP maupun website (webapps).

#1 NovoResume.com

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan adalah NovoResume.com. WebApp yang akan membantu kamu membuat CV dalam bahasa Inggris lebih baik dan gratis (freemium).

Berbagai template disediakan oleh NovoResume untuk berbagai jenis pekerjaan. Kamu tinggal memilih template yang akan digunakan, lalu sesuaikan konten atau isinya dengan diri sendiri.

Misalnya, penyesuaian nama, spesialisasi pekerjaan, deskripsi diri singkat, kontak, pengalaman kerja, pendidikan, penghargaan/prestasi, kemampuan bahasa, dan peminatan.

Pada website ini pula kamu akan menemukan ragam template CV, baik CV creative, CV professional, atau CV ATS friendly.

#2 VisualCV.com

Rekomendasi kedua dari kami adalah VisualCV.com. Salah satu CV maker yang memiliki fitur auto generate CV dari akun LinkedIn kamu. Bila akun Linkedin telah diisi dengan cukup lengkap, maka web ini akan otomatis membuat CVnya.

Namun, kamu juga bisa membuat CV dari nol dengan berbagai template yang telah disediakan. Pada halaman https://www.visualcv.com/examples/ kamu dapat menemukan template-template CV berdasarkan posisi atau spesialisasi suatu pekerjaan. Misalnya CV untuk electrical engineer, HR, interior design, business development, marketing, pharmacist, dan profesi lainnya.

Yaps, setelah memilih template tinggal disesuaikan saja kalimat yang akan digunakan sesuai diri masing-masing.

Sementara itu, untuk pricing-nya. Kamu bisa mendapatkan CV gratis pada free account dengan jumlah 1 CV. Cukup worth it dicoba untuk hasil CV yang bagus.

#3 EnhanceCV.com

Rekomendasi pembuat CV ke-3 masih dalam bentuk webapps. Karena berdasarkan pengalaman penulis, webapps dalam membuat CV lebih update dan hasilnya lebih profesional. Meskipun kami di HP, aplikasi ini bisa digunakan via browser.

WebApp ini, EnhanceCV.com, telah digunakan oleh karyawan-karyawan di Tesla, Google, Facebook, Spotify, dan Amazon dalam membuat CV mereka. Hasil modern dan profesional merupakan value yang ditawarkan oleh EnhanceCV.com.

Sayangnya, webapps ini tidak tersedia dalam versi gratis. Kamu harus membayar secara berlangganan sebesar $21.98 atau Rp 316.000 per bulan. Namun bila telah selesai penggunaan selama satu bulan, kamu dapat melakukan cancel untuk bulan berikutnya.

Nah, dari sisi keunggulan lainnya. EnhanceCV menawarkan beberapa aspek, yakni memorable design, content analyzer, feedback, professional, dan koreksi otomatis untuk kesalahan yang terdeteksi oleh sistem.

Hasilnya nanti dapat diunduh dalam bentuk PDF atau TXT. Kemudian, CV siap dikirim pada instansi/perusahaan yang akan kamu apply.

#4 Canva

Rekomendasi ke-4 ada Canva yang biasa kita gunakan dalam membuat desain. Ya, Canva juga bisa kita gunakan membuat CV.

Template yang disediakan pun cukup beragam, ada yang tampak sederhana, ada pula yang creative banyak warna dan struktur tertentu.

Beberapa gaya CV yang disediakan oleh Canva, seperti CV modern, minimalis, simple, professional, creative, dan elegan. Secara total adalah lebih dari 2.600 template yang bisa kamu pilih.

Untuk memulai membuat CV di Canva, kamu hanya perlu membuat Canva.com, lalu mendaftar/masuk ke akun kamu, kemudian mulai desain dengan pilih menu “Resume”. Kemudian, ragam template bisa kamu pilih.

#5 CV Engineer

Rekomendasi kelima merupakan aplikasi di Android dengan nama CV Engineer. Aplikasi yang akan membantu kamu generate CV otomatis setelah mengisi detail yang diminta, seperti Contact Info, Personal Statement, Career, Education, Projects, Key Skills, Interests, dan References.

Setelah ragam informasi selesai kamu masukkan, CV Engineer akan membuat ragam template CV yang siap didownload. Jadi, langkahnya cukup sederhana (1) isi detail info diri kamu; (2) CV akan degenerate otomatis; (3) pilih CV yang sesuai; (4) download; (5) selesai.

Kemudian, hasil akhir dari CV yang telah kamu buat dapat digunakan untuk apply ke berbagai perusahaan. Mengutip artikel Rekomended.com mengenai situs lowongan kerja, terdapat beberapa website yang bisa kamu coba untuk melamar kerja. Misalnya, Linkedin Jobs, TechInAsia Jobs, Glints, Jobs, Topkarir, Kalibrr, Loker.id, Indeed, dan beberapa pilihan lainnya.

Jadi, setelah 1 CV selesai, kamu bisa langsung coba kirim ke berbagai perusahaan yang membuka lowongan via website-website tersebut.

Itulah pembahasan singkat dari kami perihal aplikasi atau website yang cukup membantu dalam membuat CV, serta website untuk cari lowongan terpercaya. Semoga bermanfaat, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.