Cara Bermain Futsal
Umum

Gak Bisa Main Futsal? Simak Cara Bermain Futsal Berikut!

Anda mau belajar futsal? Tapi masih bingung cara mainnya gimana? Nah tepat sekali, simak artikel ini selengkapnya!

Anda mau belajar futsal? Tapi masih bingung cara mainnya gimana? Nah tepat sekali, kali ini kami akan membahas bagaimana cara bermain futsal sampai Anda benar-benar paham.

Kalau Anda pernah bermain sepak bola sebelumnya, Anda pasti dapat menguasai teknik bermain futsal berikut dengan mudah. Seperti apa sih teknik bermainnya? Cari tahu jawabannya di penjelasan berikut ini!

5 Teknik Cara Bermain Futsal buat Pemula

Sebelum bermain futsal, ada beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai pemula. Sebenarnya teknik bermain futsal tidak jauh berbeda dengan teknik bermain sepak bola. 

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing teknik dasarnya:

1. Teknik mengumpan bola

Teknik dasar pertama adalah mengumpan bola atau sering disebut passing. Teknik satu ini wajib dikuasai oleh pemain futsal untuk memenangkan pertandingan. Anda bisa mengumpan bola menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam maupun punggung kaki.

Teknik mengumpan bola memudahkan Anda untuk mengoper bola ke teman mengingat jumlah pemain futsal yang tidak banyak.

Jadi Anda harus berlatih sampai benar-benar bisa menguasai teknik ini. Jangan sampai malah salah mengumpan ke arah lawan.

2. Teknik menendang bola

Menendang atau kick termasuk dalam salah satu teknik yang wajib dikuasai pemain futsal. Tanpa menguasai teknik yang paling mendasar ini, bisa-bisa Anda kalah. Untuk mengoper bola ke teman Anda diperlukan menendang bola.

Bisa dibayangkan betapa pentingnya teknik menendang dalam permainan futsal itu? Anda harus berlatih dengan rutin untuk dapat menguasai teknik menendang bola.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menendang bola, mulai dari menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam hingga tumit.

Sebelum mencoba teknik menendang dengan kaki bagian luar atau tumit, pastikan Anda sudah menguasai teknik menendang dengan kaki bagian dalam. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah berlatih teknik lain.

3. Teknik menembak bola

Teknik menembak bola atau shooting sering digunakan ketika pemain ingin mencetak gol ke gawang lawan. Pasalnya, dengan teknik ini bola lebih mudah masuk ke gawang lawan. Anda wajib berlatih menembak bola agar bisa mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Cara melakukannya cukup mudah. Anda perlu menggunakan ujung sepatu untuk menendang bola. Kerahkan semua kekuatan pada tendangan agar bola bisa melesat dengan cepat. Lawan tentu tidak bisa menghalangi bola yang melesat dengan cepat dan berkekuatan penuh.

4. Teknik menahan bola

Untuk meningkatkan keterampilan bermain futsal, Anda perlu menguasai teknik menahan bola. Sebutan lain dari teknik ini adalah controlling. Teknik ini dipakai saat menerima bola umpan dari teman.

Umumnya kaki yang digunakan menahan bola adalah telapak kaki. Letakkan bola sedekat mungkin dari tubuh Anda agar tidak mudah dicuri lawan.

5. Teknik menggiring bola

Anda pasti tidak asing dengan teknik dasar bermain futsal satu ini. Teknik menggiring bola atau dribbling digunakan dalam berbagai permainan bola besar, seperti sepak bola dan bola basket. Untuk menggiring bola pada permainan futsal diperlukan gerakan kaki yang lincah.

Sebab salah satu alasan pemain menggiring bola adalah untuk mengecoh dan mempermainkan lawan. Dengan gerakan yang lincah, lawan bisa terkecoh sehingga memberi celah bagi Anda untuk menembak bola ke arah gawang lawan.

6. Teknik menyundul bola dengan kepala

Pemain bola tidak hanya menggunakan kaki untuk mengarahkan bola. Kepala Anda juga bisa digunakan untuk menyundul bola ke gawang lawan, Diperlukan kekuatan kepala agar bisa menyundul bola dengan akurat.

Teknik menyundul bola atau heading juga dapat digunakan untuk mengoper bola ke teman. Kalau ingin mencoba mempraktikkan teknik ini saat pertandingan, pastikan Anda sudah menguasainya terlebih dulu.

Akhir Kata

Bagaimana, Anda sudah mulai ada gambaran tentang cara bermain futsal, bukan? Biar lebih mudah dipahami, mending langsung ajak teman Anda yang sudah berpengalaman untuk menemani Anda berlatih futsal.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.