Lazada merupakan salah satu pelopor hadirnya metode pembayaran COD atau Cash On Delivery di Indonesia. Hadirnya inovasi ini terbukti meningkatkan jumlah belanja masyarakat secara online.
Dengan menggunakan sistem pembayaran COD, masyarakat merasa lebih aman ketika membeli barang secara online, karena tidak perlu mentransfer uang sebelum barang yang dibeli sampai kerumah.
Lalu apakah dengan sistem COD pesanan yang sudah kita buat bisa dibatalkan? Jawabannya tentu saja bisa.
Melalui artikel ini, DKN.or.id akan menjelaskan bagaimana cara membatalkan pesanan cod di Lazada, entah itu yang belum atau sudah diproses penjual.
Daftar Isi
Cara Membatalkan Pesanan COD di Lazada
Untuk membatalkan COD di marketplace Lazada, maka kita akan membaginya ke dalam dua kondisi. Yakni, kondisi di mana pesanan belum diproses penjual dan pesanan sudah diproses penjual.
Mari bahas satu per satu..
1. Pesanan COD belum diproses
Sesaat setelah kita membuat pesanan di Lazada, maka pihak Lazada akan mengirimkan notifikasi kepada penjual bahwa ada pesanan baru dengan sistem pembayaran COD.
Pihak penjual akan diberi waktu 3 hari untuk memproses pesanan tersebut. Jika dalam waktu tersebut, penjual tidak merespon maka pesanan otomatis batal dan penjual akan dikenakan poin penalti.
Terus bagaimana kalau kita ingin membatalkan sendiri pesanan COD tersebut? Berikut ini langkah-langkahnya.
#Melalui aplikasi Lazada
- Buka aplikasi Lazada.
- Masuk ke menu Akun.

- Di menu Pesanan Saya, pilih Dalam Proses.

- Silakan pilih pesanan COD yang mau dibatalkan.

- Klik pilihan Batal di sebelah kanan bawah.

- Selanjutnya pilih alasan pembatalan. Terserah mau pilih yang mana. Dalam contoh kali ini saya memilih Berubah Pikiran. Lalu tap Pilih.

- Langkah terakhir pilih Kirimkan di bagian bawah.

Maka secara otomatis pesanan COD kamu telah dibatalkan dan penjual akan mendapatkan notifikasi, sehingga penjual tidak akan memproses pesanan kamu.
#Melalui website Lazada
Sebenarnya sama saja langkah-langkah yang dilakukan, hanya beda sedikit letak dan tampilannya saja.
- Buka situs lazada.co.id dan masuk menggunakan akun belanja kamu.
- Klik nama akun kamu di sebelah kanan atas dan pilih pesanan saya.
- Pilih pesanan yang mau dibatalkan.
- Pilih alasan pembatalan dan konfirmasi dengan cara klik kirimkan.
- Selesai.
2. Pesanan COD sudah diproses
Bagaimana kalau kebetulan kita mendapatkan penjual yang sangat responsif, sehingga ketika ada pesanan masuk, saat itu juga pesanan langsung dikemas dan segera diantar ke pengiriman? Maka kamu bisa melakukan pembatalan dengan dua cara di bawah.
#Permintaan pembatalan melalui CS Lazada
- Buka aplikasi Lazada.
- Masuk ke menu Akun.
- Scroll ke bawah dan pilih menu Chat dengan CS.
- Maka kamu akan diarahkan untuk berkomunikasi dengan Chat Bot.
- Pilih Pembatalan Pesanan => Batalkan Pesanan.
- Selanjutnya silakan pilih pesanan yang akan dibatalkan.
Jika terdapat balasan ‘pesanan saat ini sudah dalam proses pengiriman’ silakan ketik CS untuk melakukan Chatting dengan CS Lazada asli bukan bot.
Silakan sampaikan saja bahwa kamu ingin membatalkan pesanan COD. Akan tetapi, kemungkinan besar jawaban dari CS adalah sama dengan di atas, yaitu pesanan tidak bisa dibatalkan karena sudah diserahkan ke jasa pengiriman.
Jika seperti itu, satu-satunya cara adalah dengan cara kedua, yaitu
#Batalkan di tempat
Kamu bisa menolak atau membatalkan pesanan COD ketika kurir sampai ke rumah kamu untuk mengantarkan pesanan.
Tunggu pesanan kamu dikirim oleh kurir. Untuk tahu kapan kurir sampai ke rumah kamu, silakan lacak nomor resinya.
Biasanya di Lazada menggunakan kurir Ninja Express, maka gunakan layanan dari Resimu.net untuk cek resi Ninja. Situs tersebut akan menampilkan informasi posisi paket kamu hingga sampai ke alamat tujuan.
Nah, setelah kurir tiba di rumah, langsung saja bilang ke kurir bahwa kamu tidak ingin menerima paket tersebut.
Nanti kurir akan memaklumi dan akan disuruh tanda tangan pada nota resi dan menulis alasan pembatalan. Dengan begitu, pesanan COD berhasil dibatalkan dan secara otomatis status pesanan di Lazada akan berubah menjadi pesanan dibatalkan pembeli.
Penutup
Begitulah kira-kira cara membatalkan pesanan COD di Lazada yang belum dan sudah diproses oleh penjual.
Sebagai catatan, sebagai pembeli kita juga harus memiliki etika. Jangan karena kemudahan tersebut, kita seenaknya membeli dan membatalkan pesanan.
Sebelum memutuskan membeli, sebaiknya yakinkan dulu dengan cara melihat review atau ulasan dari produk yang akan kita beli. Sehingga yakin akan produk tersebut.
7 Replies to Cara Membatalkan Pesanan COD di Lazada
Saya mau batalin psenan tidak ada tombol batal nya dari awal.
Saya Pengguna baru mau live chat ke lazada blm paham
Saya ingin mmbatal kan pesanan,karena saya berubah pikiran dan kurang tertarik pada barang nya,dan ternyata saya sudah mempunyai barang yg serupa
Terima kasih saya sangat terbantu dengan informasi y… sedikit cerita kmrn anak saya main hp…lalu download games dan kadang ad iklan saat download,anak saya main hp malam..dan pas pagi y saya cek hp…lalu liat aplikasi lazada saya kaget donk…liat dlm proses pengiriman ad 3 produk…klo d hitung hampir 800.000 dan saya bngung tdk bisa membatalkan nya karena sdh d proses penjual…dengan informasi ini saya merasa terbantu karena metode byr y cod…jd pling saya tolak semua…produk y…karena keteledoran anak saya ..n saya sebagai orang tua…🙏
Saya mau membatalkan pesanan yg udah di peroses tapi gak bisa padahal saya salah alamat nya doang
Saya membatalkan pesanan produk lazada saat ini, Barang,pesanan sudah kembali terima kasih harap maklum
Membatalkan semua pesanan di lazada
Semua pesanan di lazada di batalkan
Wedang Kopi Prambanan: Kuliner Klaten yang Tak Boleh Terlewatkan!
Ledok Sambi: Dapatkan Pengalaman Camping Tak Terlupakan di Surga Tersembunyi Jogja!
10 Classic Novels Everyone Should Read – Timeless Literary Treasures
Kucing American Shorthair: Ciri, Sifat, Perawatan, Hingga Harga Terkini!