Cara Membuat Link Grup WhatsApp
Media Sosial

Cara Membuat Link Grup WhatsApp

WhatsApp sebagai platform media sosial berbasis chat online banyak digunakan semua kalangan.

WhatsApp sendiri juga terus update fiturnya. Salah satu fitur yang cukup berguna adalah grup WhatsApp.

Grup Whatsapp memudahkan kita untuk membuat komunitas secara online. Siapa pun bisa bergabung dengan grup yang telah dibuat apabila sudah mengetahui link grup tersebut.

Meskipun semua orang bisa masuk, akan tetapi Whatasapp membatasi setiap grup hanya maksimal terdiri dari 250 kontak.

Untuk mengatasi ini, cobalah beberapa aplikasi Whatsapp mod yang memiliki banyak fitur keren. Salah satunya adalah membuat grup dengan anggota yang lebih banyak dari WA original.

Lalu bagaimana cara membuat link grup Whatsapp? Berikut ini penjelasan lengkapnya yang diambil dari situs teknologi Windroid.id

Apa Itu Link WhatsApp?

Link Whatsapp merupakan tautan berupa url pendek yang bisa kita gunakan dan disebar ke semua orang.

Link Whatsaap sendiri terbagi menjadi dua, yaitu link Whatsapp personal dan dan grup. Untuk mengetahui perbedaannya, simak penjelasan berikut ini.

1. Link WA personal

Link WhatsApp personal juga disebut sebagai wa.me, merupakan salah satu fitur dari WhatsApp yang dapat digunakan mengirim pesan pada orang lain tanpa harus menyimpan kontaknya.

Di fitur ini juga bisa menyimpan templete pesan sehingga tidak perlu mengetik berulang-ulang.

Link WhatsApp personal ini biasa dipakai oleh pelaku onlone shop untuk mengarahkan calon pembeli ke WA kita dengan hanya mengklik tautan yang sudah kita buat.

Sehingga, calon pembeli bisa langsung mengirimkan pesan WA tanpa harus repot menyimpannya ke kontak telepon.

2. Link WA grup

Yang kedua adalah link Whatsapp grup. Link ini berfungsi untuk mengundang pengguna Whatsapp untuk bergabung dengan grup uang telah dibuat.

Dengan link tersebut, siapa saja bisa bergabung dengan grup asalkan anggota grup belum penuh.

Lalu bagaimana cara membuat link grup Whatsapp tersebut?

Cara Membuat Link Grup WhatsApp

Cara Membuat Link Grup WhatsApp

Cara membuat link grup WhatsApp sebenarnya cukup mudah dilakukan. Syarat utamanya adalah, Anda sudah menjadi admin di grup tersebut.

Nah, berikut ini langkah-langkah membuat link grup Whatsapp.

  • Pertama, buat Grup WhatsApp terlebih dahulu
  • Lanjutkan dengan membuka informasi Grup – tekan nama grup di bagian atas.
  • Lalu scroll ke bawah dan tekan ikon Undang Via Tautan.
  • Selanjutnya ada beberapa opsi yang bisa Anda gunakan, yaitu
    • Salin tautan, untuk menyalin tautan link grup Whatsapp.
    • Bagikan tautan, untuk membagikan secara langsung link grup WA.
    • Kode QR, untuk mengundang anggota baru dengan menggunakan kode QR.
  • Silakan pilih yang menurut Anda paling mudah.

Lalu bagaimana kalau kita bukan admin tetapi ingin membagikan link grup WA? Satu-satunya cara hanya dengan chat ke admin dan meminta untuk diberi tautan grup tersebut.

Kelebihan dan Kelemahan Link Grup WA

Setiap fitur yang dalam aplikasi apapun tentunya punya kelebihan dan kekurangan.

Begitu juga dengan link grup WhatsApp ini, ada kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat link grup WA.

Kelebihan

Kelebihan dengan menggunakan link grup WhatsApps adalah lebih praktis dalam penggunaan. Admin tidak perlu mengirimkan undangan grup WA ke anggota satu-persatu, cukup dengan membagian link saja.

Admin juga tidak perlu repot untuk menyimpan kontak dari anggota yang akan ditambahkan. Sedangkan calon peserta bebas untuk memilih apakah akan bergabung atau tidak.

Kekurangan

Anggota grup WhatsApp tidak bisa dikontrol karena semua orang bisa masuk dengan mudah tanpa screening. Anggota yang bergabung tidak selalu sesuai dengan tujuan komunitas yang dibuat, bisa jadi akan membuat onar.

Jumlah anggota grup memiliki kuota terbatas, jadi undangan grup WA yang dibuat hanya sebatas dengan kapasitas dari kuota yang telah ditentukan.

Sisi Buruk Link Grup WA

Link grup WhatsApp memang memudahkan pengguna dalam bentuk grup atau komunitas. Tetapi fitur ini juga memiliki sisi buruk yang patut jadi pertimbangan. Tapi tentunya sisi buruk dari fitur seperti ini bisa diantisipasi oleh pengguna sendiri.

Sisi Buruk Link grup WhatsApp ini bisa disusupi oleh pihak lain yang tidak memiliki kepentingan di grup. Biasanya pihak-pihak seperti ini bertujuan untuk melakukan pecurian informasi atau data. Link grup WhatsApp juga memiliki kemungkinan privasi grup lebih terbuka.

Namun sisi buruk ini dapat diantisipasi dengan cara menerapkan permission pada grup WhatsApp. Sebaiknya jangan membagikan Link grup WhatsApp keluar dari platform. Lakukan screening pada anggota sebelum membagikan undangan grup WA.

Penutup

Cara membuat link grup WhatsApp memang dibuat mudah dan simple untuk kepentingan pengguna platform media sosial ini.

Selain itu, banyak kegunaan yang bisa diberikan oleh fitur grup WhatsApp ini untuk memudahkan komnikasi pada komunitas, pekerjaan atau keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.