Poco-X3-Pro-Vs-Poco-F3
Gadget

Poco X3 Pro Vs Poco F3: Pilih Mana?

Xiaomi Inc. memberikan kejutan spektakuler saat peluncuran produk smartphone Poco yang bertajuk “The Beast Has Risen”. Pasalnya, dalam acara peluncuran produk tersebut, ada dua produk yang diluncurkan secara bersamaan.

Kedua produk tersebut adalah Poco X3 Pro dan Poco F3. Dalam acara tersebut, Alvin Tse, Country Director, Xiaomi Indonesia, telah menjelaskan panjang lebar tentang spesifikasi kedua ponsel canggih tersebut. Namun, masih banyak orang yang bimbang.

Bagus mana? Poco X3 Pro atau Poco F3? Biar kamu nggak bingung, kami akan kupas tuntas tentang kedua produk tersebut. Berikut ulasan lengkap Poco X3 Pro Vs Poco F3 yang kami kutip dari laman updatetekno.com.

Perbandingan Poco X3 Pro dan Poco F3

PerbandinganPoco X3 ProPoco F3
Desain & materialBagusBagus banget
Performa smartphoneBagus bangetBagus banget
Kualitas kameraBagusBagus
ConnectivityBagusBagus banget
BateraiBagusBagus banget

Berdasarkan penilaian di atas, Poco F3 unggul di desain & material, connectivity dan kapasitas baterai. Seperti apa keunggulannya? Yuk, cari tahu.

Desain

Secara desain, Poco F3 lebih bagus daripada Poco X3 Pro. Hal ini karena Poco F3 memiliki desain modul kamera belakang yang asimetris namun elegan. Bandingkan dengan desain kamera belakang Poco X3 Pro yang simetris di tengah area atas ponsel. Terlihat monoton.

Desain modul kamera asimetris memberikan kesan segar dan tidak kaku. Sehingga, pemilik Hp tidak mudah jenuh setelah menggunakan Poco F3 dalam waktu lama.

Biarpun material chasing Hp terbuat dari bahan yang sama, yaitu plastik polycarbonat, namun desain dan warna kedua Hp berbeda.

  • Poco X3 Pro memiliki chasing belakang dengan warna duo tone. Dan Poco X3 Pro memiliki 3 varian warna menarik, di antaranya: phantom black, frost blue, metal bronze.
  • Poco F3 memiliki chasing belakang dengan warna solid namun terkesan premium. Dan Poco F3 memiliki 3 varian warna spesial yang menarik, di antaranya: arctic white, night black, deep ocean blue.

Jika kamu mengincar desain yang lebih youth full, Poco X3 Pro cocok untukmu. Desain duo tone memberikan kesan lebih segar, lebih muda dan kreatif.

Namun, kalau kamu nyari ponsel yang terkesan mewah dan elegan, kami sarankan beli Poco F3 saja. Karena desainnya jauh lebih baik.

Performa Poco X3 Pro Vs Poco F3

Performa kedua ponsel sama bagusnya, karena termasuk jajaran ponsel flagship Poco. Namun, ada perbedaan kecil dari keduanya yang perlu kamu tahu.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel perbedaan spesifikasi dan performa Poco X3 Pro dan Poco F3 di bawah ini:

PerbedaanPoco X3 ProPoco F3
ChipsetQualcomm Snapdragon 860 (7 nm)Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7 nm)
GPUAdreno 640Adreno 650
Slot kartumicroSDXCTidak ada
Kapasitas baterai5160 mAh4520 mAh
Score AnTuTu v9561.303714.008

Dari data tabel di atas, terlihat jelas bahwa prosesor Poco F3 lebih canggih daripada Poco X3 Pro. Dan terbukti, ketangguhan Poco F3.

Setelah dilakukan pengukuran banchmark dengan aplikasi AnTuTu, Poco F3 keluar sebagai juara. Di mana, Poco F3 unggul 152.705 poin dari Poco X3 Pro. Artinya, secara performa, Poco F3 jauh lebih unggul daripada Poco X3 Pro.

Namun, dari segi perangkat tambahan, Poco F3 kalah telak dengan Poco X3 Pro. Pasalnya, Poco X3 Pro memiliki fitur slot kartu tambahan dengan tipe microSDXC. Sedangkan, Poco F3 tidak punya fitur tersebut.

Di tambah lagi, kapasitas baterai Poco F3 kalah 640 mAh dibandingkan Poco X3 Pro. Cukup signifikan perbedaan performa dayanya.

Jadi, bagus mana? Kalau kamu suka ponsel yang cepat dan berkinerja tinggi, pilih Poco F3. Jika kamu memilih ponsel yang standar namun punya baterai besar dan ruang penyimpanan tambahan, pilih Poco X3 Pro.

Kamera Poco X3 Pro Vs Poco F3

PerbandinganPoco X3 ProPoco F3
Kamera BelakangQuad camera
Kamera #1: 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
Kamera #2: 8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1.0µm
Kamera #3: 2 MP, f/2.4, (macro)
Kamera #4: 2 MP, f/2.4, (depth)
Triple Camera
Kamera #1: 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
Kamera #2: 8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide)
Kamera #3: 5 MP, f/2.4, 50mm (macro), 1/5.0″, 1.12µm, AF
Kamera depan20 MP, f/2.2, (wide), 1/3.4″, 0.8µm20 MP, f/2.5, (wide), 1/3.4″, 0.8µm

Secara spesifikasi kamera keduanya hampir mirip, di mana, Poco X3 Pro dan Poco F3 sama-sama menggunakan kamera utama dengan resolusi besar, yaitu 48 MP.

Dengan kamera ponsel yang dilengkapi teknologi AI, kedua ponsel tersebut memiliki kualitas foto yang sama bagusnya. Terlebih saat foto di luar ruangan dengan cahaya yang berlimpah.

Contoh hasil fotonya seperti ini:

Foto-luar-ruangan-dengan-kamera-Poco-X3-Pro-Vs-Poco-F3
(sumber: updatetekno.com)

Namun, saat kedua ponsel di uji untuk memotret pada kondisi low light di malam hari, perbedaan keduanya jauh banget.

  • Foto hasil jepretan dari ponsel Poco X3 Pro terlihat lebih terang.
  • Foto hasil jepretan dari ponsel Poco F3 terlihat lebih redup namun kaya akan gradasi warna. Dan terlihat lebih realistis serta bernuansa.

Contoh hasil foto pada kondisi low light seperti di bawah ini:

Perbedaan-hasil-foto-kondisi-low-light-dengan-camera-AI-Poco-X3-Pro-Vs-Poco-F3
(sumber: updatetekno.com)

Kamu suka hasil foto yang mana? Yupz, ternyata pilihan kita sama. Hehe.

Bagaimana dengan performa kamera depan Poco X3 Pro Vs Poco F3?

Spesifikasi kamera selfie Poco X3 dan Poco F3 hampir mirip, hanya berbeda aperature-nya saja, lainnya sama. Asumsinya, dengan pengaturan yang sama, hasil fotonya bakal sama bagusnya.

Ternyata enggak, lho.

Dengan setingan normal, foto dari kamera selfie Poco F3 jauh lebih terang daripada Poco X3 Pro. Artinya, ada perbedaan sensitivitas cahaya pada kamera selfie kedua ponsel tersebut.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar hasil foto selfie menggunakan Poco X3 Pro Vs Poco F3 di bawah ini:

Perbandingan-foto-dengan-kamera-selfie-Poco-X3-Pro-Vs-Poco-F3
(sumber: updatetekno.com)

Lalu, bagus mana? Kalau kami, kami suka hasil foto Poco F3 daripada Poco X3 Pro. Namun, penilaian tersebut hanya soal selera. Karena nyatanya keduanya menghasilkan gambar yang tajam, jernih dan bagus.

Konektivitas

Kami langsung to the point saja ya, secara konektivitas Poco F3 menang telak dari Poco X3 Pro. Karena Poco F3 telah support dengan teknologi 5G. Artinya, jika kamu berada di area 5G, ponselmu akan bisa mengakses internet dengan kecepatan yang mengagumkan.

Namun, kalau kasusnya di Indonesia, teknologi 5G sepertinya masih lama. Jadi, sinyal 4G sudah cukup untuk saat ini. Jadi, Poco X3 Pro punya keunggulan dari keterbatasannya.

Jika kamu tinggal di wilayah kota metropolitan yang sudah bisa menikmati sinyal 5G, maka Poco F3 adalah pilihan terbaik untukmu. Namun, jika lokasimu jauh dari kota yang punya sinyal 5G, maka kamu lebih baik pilih Poco X3 Pro saja.

Alasannya sederhana:

  • Pertama, harga Poco X3 Pro lebih murah daripada Poco F3. Selisih harga kedua ponsel hampir 1,6 jutaan.
  • Kedua, ngapain pakai smartphone 5G tapi belum ada sinyal 5G. Fitur canggihnya Cuma akan jadi seperti onggokan sampah.

Baterai

Dari segi baterai, kedua ponsel tersebut sama-sama memiliki kapasitas baterai yang besar. Perbedaan kedua ponsel hanya 640 mAh. Untuk detailnya, perhatikan tabel di bawah ini:

PerbandinganPoco X3 ProPoco F3
Jenis BateraiLi-Po 5160 mAh, non-removableLi-Po 4520 mAh, non-removable
Kecepatan pengisian dayaCepat, fast charging 33WCepat, fast charging 33W

Dengan data dari tabel di atas, kita tahu bahwa Poco X3 memiliki kapasitas baterai yang jauh lebih besar daripada Poco F3. Namun, waktu pengisian daya sedikit lebih lama. Karena jumlah daya yang dibutuhkan lebih besar.

  • Untuk pengisian dari kondisi low-baterai sampai penuh, Poco X3 Pro butuh waktu `1 jam 22 menit.
  • Untuk pengisian dari kondisi low-baterai sampai penuh, Poco F3 butuh waktu `55 menit.

Cuma selisih, sebentar, ya. Kamu pilih yang kapasitas besar atau pengisian dayanya cepat? Mayoritas sih, pilih yang kapasitasnya besar. Hehe. Karena bisa pakai ponsel lama tanpa takut sering-sering ngecharge.

Kesimpulan

Ponsel Poco X3 Pro Vs Poco F3 sama bagusnya. Karena keduanya memiliki spesifikasi yang mumpuni. Namun, kemunculan kedua seri ponsel secara bersamaan tersebut ternyata untuk memenuhi target market yang berbeda, makanya harga, spesifikasi dan fiturnya berbeda.

Untuk kamu yang doyan ngegame, Poco F3 adalah pilihan terbaik. Kamu bayar lebih mahal dikit, tapi kamu bisa dapat ponsel dengan layar Amoled yang keren. Dan performa prosesor yang mumpuni. Nggak ada lagi ngelag, delay, freeze saat ngegame.

Bagi yang nggak suka ngegame, Poco X3 Pro adalah pilihan terbaik. Lebih murah 1,6 juta. Kapasitas baterai besar. Punya tambahan slot kartu microSDXC. Dan varian warna lebih ceria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.