Taktik dan Strategi Permainan Sepak Bola
Umum

Taktik dan Strategi Permainan Sepak Bola!

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak digemari masyarakat baik pria maupun wanita. Untuk mencetak gol dan memenangkan permainan, para pemain dalam satu tim ini membutuhkan taktik dan strategi permainan sepak bola yang bagus dan tepat.

Keberhasilan dari strategi yang dilakukan juga bergantung pada penguasaan teknik dasar sepak bola yang baik dan formasi yang digunakan.

Untuk mengetahui apa saja strategi dan taktik dalam permainan sepak bola, mari simak penjelasan mengenai strategi permainan dalam sepak bola yang kami ulas dari situs Olahraganesia, berikut ini.

1. Strategi Menjaga Pemain Lawan

Strategi atau taktik pertama dalam permainan sepak bola adalah menjaga pemain lawan menggunakan sistem 1 vs 1 atau man marking. Sistem man marking atau 1 vs 1 maksudnya adalah setiap pemain memiliki tugas untuk menjaga dan mengawasi gerakan pemain lawan.

Strategi ini bertujuan agar serangan yang dilakukan oleh pihak lawan bisa dihadang dan pemain dalam satu tim bisa melakukan serangan balik. Keunggulan dari strategi ini adalah adanya pembagian tugas yang jelas antara pemain satu dengan pemain lainnya sehingga lebih kompak.

Selain itu, strategi ini juga mampu melatih konsentrasi para pemain dengan membaca dan mengamati teknik serangan yang dilakukan oleh lawan. Meski begitu, strategi ini juga memiliki kelemahan yaitu adanya kendali yang dominan dari pihak lawan terhadap alur permainan sepak bola.

Selain itu, strategi satu ini juga cenderung menciptakan pertahanan yang rapuh, apalagi jika pemain dari tim lawan lebih unggul dan kuat dalam man marking.

2. Strategi Menjaga Area Sendiri

Strategi menjaga area sendiri adalah strategi dalam permainan sepak bola yang dikenal juga dengan sebutan zone marking atau space covering. Zone marking atau space covering artinya setiap pemain memiliki tugas untuk menjaga pemain lawan yang posisinya berada di area sendiri.

Strategi satu ini sangat efektif untuk membaca strategi dari serangan pemain lawan. Dengan begitu, pertahanan di area sendiri akan lebih stabil dan kemungkinan untuk mengalami kebobolan akibat serangan lawan juga lebih kecil.

Meski begitu, strategi ini juga memiliki beberapa kelemahan, salah satunya yaitu area perbatasan dengan tim lawan menjadi lebih rawan dan mudah kebobolan. Tidak hanya itu saja, pemain dalam satu tim juga akan kewalahan menghadapi serangan lawan dan kesulitan melakukan serangan balik.

3. Strategi Menekan Lawan

Strategi menekan lawan atau dikenal juga dengan istilah force-checking merupakan strategi atau taktik yang dilakukan dengan usaha merebut atau mengambil bola yang hilang di area pertahanan. Strategi force-checking atau pressing ini juga memerlukan kerja sama yang baik antar pemain.

Keunggulan dari strategi ini yaitu lawan tidak memiliki kesempatan melakukan serangan balik. Meski begitu, strategi ini cukup menguras tenaga karena semua pemain harus gencar melakukan serangan dan pertahanan juga akan rapuh bila tim lawan berhasil melakukan serangan balik.

4. Strategi Menunda Tekanan pada Lawan

Strategi menunda tekanan pada lawan atau fall back merupakan strategi atau taktik yang dilakukan dengan tidak menekan lawan sampai garis tengah lapangan. Ketika bola jatuh ke area tim lawan, para pemain akan tetap bertahan di area sendiri sampai lawan melakukan serangan.  

Keunggulan dari strategi fall back ini adalah formasi pertahanan selalu terjaga dengan baik. Selain itu, strategi ini juga efektif untuk menghadang serangan balik yang dilakukan oleh tim lawan, sehingga cocok diterapkan untuk melawan tim lawan yang kuat.


Dengan menerapkan taktik dan strategi permainan sepak bola, kesempatan untuk memenangkan pertandingan juga akan semakin tinggi. Selain itu, formasi juga akan sangat berpengaruh pada keberhasilan dan efektivitas strategi penyerangan dan pertahanan yang dilakukan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.