Teks Debat
Pendidikan

Teks Debat: Struktur, Ciri-Ciri, dan Kaidah Kebahasaan

Sedang mencari materi teks debat? Berikut pengertian teks debar, struktur teks debat, ciri-ciri, dan kaidah kebahasaannya.

Kita pasti sering melihat perdebatan baik dalam kehidupan sehari-hari dan dalam tayangan televisi. Tidak jarang perdebatan membuka perspektif baru perihal topik yang didebatkan. Namun, jangan disangka melakukan debat itu merupakan hal yang mudah. Jika kita melihat debat yang ramai di media sosial, bisa saja itu hanyalah debat kusir yang dapat berujung pertengkaran dan ujaran kebencian.

Debat merupakan pertukaran dan pembahasan pendapat mengenai topik tertentu dengan memberikan argumentasi untuk mempertahankan pendapatnya. Teks debat tidak terlepas dari teks argumentasi.

Teks argumentasi merupakan teks retorika yang berusaha memengaruhi pendapat orang lain, serta membuat orang mempercayai sesuatu dan bertindak menurut pendapat tersebut.

Begitu pula dengan teks debat yang menjadi turunan dari teks argumentasi karena merupakan satuan teks baik dari pendapat yang pro dan kontra.

Berikut ini DKN.or.id beritahu unsur-unsur yang terdapat di dalam teks debat yang perlu dipahami sebelum menuliskan teks debat:

Struktur Teks Debat

Debat berasal dari teks terstruktur yang mampu membangun narasi debat. Berikut adalah struktur teks debat:

1. Pengantar Isu

Pengantar isu menentukan apakah penyampai debat merupakan kubu afirmasi atau oposisi. Penegasan ini akan mempermudah penyampai untuk berdebat. Di sini moderator menyampaikan topik permasalahan atau yang biasa disebut mosi.

2. Argumen

Dalam argumen, penyampai menyampaikan argumentasi mereka dalam suatu topik seperti mengapa mereka tidak setuju atau setuju dalam satu pokok permasalahan. Di sini, penyampai memberikan fakta dan bukti yang mendukung argumen mereka agar menjadi logis.

3. Simpulan

Kesimpulan menegaskan kembali pendapat bantahan atau memihak dari tim afirmasi maupun oposisi. Bagian ini merangkum rangkaian argumen yang telah disampaikan selama perdebatan berlangsung.

Ciri-Ciri Teks Debat

Teks debat memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan teks-teks lainnya. Berikut merupakan ciri-ciri teks debat:

  • Teks debat memiliki dua sudut pandang dari tim afirmatif, yaitu tim yang pro terhadap topik. Serta tim oposisi, yakni pihak kontra terhadap topik.
  • Adu argumentasi dari kedua belah pihak yang berdebat untuk mempertahankan argumentasi mereka dengan logis.
  • Terdapat pihak moderator atau penengah.
  • Terdapat sesi tanya jawab secara terbatas, tujuannya untuk menjatuhkan lawan debat.

Kaidah Kebahasaan Teks Debat

Kaidah kebahasaaan patut diperhatikan karena ragam bahasa yang digunakan dalam debat harus memenuhi kaidah kebahasaan ilmiah. Kaidah ilmiah kebahasaan harus mencakup:

  1. Sesuai dengan kaidah bahasa baku, yakni tata bahasa dan tata ejaan meliputi pembentukan kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf:
    • Kalimat definisi, yakni kalimat yang menjabarkan konsep, pengertian, dan penjelasan seperti yakni, adalah.
    • Kata hubung, yakni kata yang menghubungkan antar kata, kalimat, maupun paragraf, seperti jadi, kemudian, selanjutnya.
    • Kata ganti orang, yakni kata untuk mengganti panggilan, seperti mereka, Anda, saya , kami.
    • Kata kerja mental, yakni kata kerja yang menunjukkan sikap terhadap suatu tindakan seperti mengetahui, mengerti, menduga.
  2. Kata yang dipilih tidak ambigu dan memiliki makna denotatif atau makna sebenarnya.
  3. Ide yang diungkapkan harus jelas, benar sesuai fakta dan logis. Pemilihan kata harus tepat dan padat, langsung runtut ke sasaran langsung, sistematis, dan efektif.

Itulah pengertian teks debat meliputi struktur, ciri-ciri, dan kaidah kebahasaan yang benar. Menyusun teks debat memang memerlukan ketekunan untuk memahami kelogisan, baik secara argumentasi maupun penggunaan bahasanya.

Setelah mempelajari materi teks debat di atas, ada baiknya kamu melanjutkan dengan melihat contoh teks debat beserta strukturnya yang sudah DKN.or.id tulis juga pada postingan selanjutnya.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.