Tempat-camping-di-Bogor
Umum

10 Tempat Camping Terpopular di Bogor

Camping merupakan salah satu kegiatan wisata alam yang seru dan menyenangkan. Tidak perlu pergi jauh-jauh, kalau tinggal di sekitar Jabodetabek, Bogor dapat menjadi pilihan liburan camping saat akhir pekan. Pemandangan alamnya memesona, air terjunnya yang indah, serta udaranya yang sejuk. Berikut 10 rekomendasi tempat camping terpopular di Bogor yang kami kutip dari laman situs napaktilas.net.

1. Curug Cipamingkis

LokasiWargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.
Jenis tempat campingCamping ground.
Jam Buka08.00-18.00 (Senin–Minggu).
Harga tiket masuk (HTM)Rp35.000.
Telepon0812-8907-4297.
Rating ulasan4,4/5 dari 4,042 ulasan Google.
Waha wisata di sekitar tempat campingAir terjun, spot foto selfie, area camping ground.

Ingin rekreasi meriah tapi dengan budget yang murah? Jika kamu tinggal di Jakarta, pergi saja ke kota Bogor. Di sana ada obyek wisata yang indah, yaitu Curug Cipamingkis. Destinasi ini menyajikan keelokan air terjun yang menyatu dengan keindahan alam yang dikeliling oleh hijau pepohonan.

Obyek wisata Curug Cipamingkis terletak di desa Wargajaya, jaraknya 44 km dari pusat kota Bogor. Jika kamu menggunakan motor, setidaknya kamu butuh waktu 2-3 jam perjalanan. Setelah sampai lokasi, kamu perlu berjalan kaki dari parkiran menuju titik lokasi air terjun. Jaraknya relatif dekat.

Curug Cipamingkis memiliki daya tarik yang komplit sebagai wahana wisata. Pesona air terjun dengan tebing dengan ketinggian 10-15 meter. Debit air sangat deras dan jernih. Sehingga, sangat memungkinkan bagi para wisatawan untuk bermain air di bawah pancuran air terjun.

Kamu juga dapat menambah koleksi feed Instagram, dengan menyambangi tempat spot-spot foto yang mengagumkan berlatar pemandangan alam. Beberapa spot tersebut, di antaranya:

  1. Stone Garden.
  2. Taman Baratayudha.
  3. Perahu Asmara.
  4. Jembatan Cinta.
  5. Rumah Pohon.

Lelah menikmati wahana di sekitar curug, dan masih ingin mendapatkan pengalaman menyatu dengan alam? Ini solusinya. Curug Cipamingkis menyediakan camping ground untuk kegiatan berkemah bagi para pengunjung. Semakin lengkap dengan fasilitas penunjang yang memadai seperti adanya toilet, mushola, jogging track, dan area outbound.

Tidak perlu bingung kalau tidak sempat bawa alat camping. Pengelola telah menyediakan jasa penyewaan peralatan camping dengan harga yang terjangkau. Berkemah di sini juga sangat cocok untuk segala usia. Jadi, kamu bisa ajak keluarga maupun sahabat untuk berlibur bersama.

2. GGCA Gunung Geulis Camp Area

LokasiJalan Bukit Pelangi, Desa No. 2, Gn. Geulis, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat.
Jenis tempat campingCamping ground.
Jam Buka08.00-18.30 (Senin-Jumat). 09.00-14.00 (Sabtu-Minggu).
Harga Paket WisataMulai dari Rp300.000 (bergantung paket tenda yang di pilih).
Telepon0251-8294806 / 0813-1677-3449.
Rating ulasan4,6/5 dari 1,540 ulasan Google.
Waha wisata di sekitar tempat campingArea outbound training, cottage, kolam renang.

Gunung Geulis Camp Area termasuk destinasi glamping terbaik di kota Bogor. Selain aksesibilitas lokasi yang sangat mudah di jangkau dari Jakarta. Tempat ini menawarkan nuansa camping di alam terbuka dengan suguhan pemandangan alam Gunung Gede Pangrango.

Selain didukung beragam fasilitas super lengkap untuk segala kegiatan luar ruangan. GGCA juga selalu direkomendasikan sebagai lokasi untuk mengadakan eventevent besar seperti gathering dan outing baik instansi maupun umum.

Ada berbagai pilihan paket camping di GGCA yang bisa kamu ambil sesuai dengan kebutuhan. Bila membawa tenda sendiri dari rumah, kamu hanya cukup menyewa lahan campingnya saja sebesar Rp300.000 per malam. Paket ini berikut dengan fasilitas toilet outdoor dan akses masuk ke swimming pool.

Tetapi kamu tetap bisa mencoba kegiatan seru seperti panahan, bersepeda, paint ball, dan masih banyak outdoor activites lainnya. Sementara kamu asyik berkegiatan, anak-anak dapat bermain di area playground yang telah disediakan. Berkemah di sini akan membuat kamu beserta keluarga semakin betah menginap.

3. Campgrounds Sukamantri

LokasiTaman Nasional Gunung Halimun Salak, Tamansari, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat.
Jenis tempat campingCamping ground.
Jam BukaSetiap hari selama 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000.
Telepon0858-8392-3203.
Rating ulasan4,5/5 dari 1,153 ulasan Google.
Waha wisata di sekitar tempat campingAir terjun Suryakencana.

Berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, bumi perkemahan Sukamantri dapat menjadi pilihan liburan alam bersama keluarga. Hanya berjarak sekitar 14 km dari pusat kota Bogor, campgrounds Sukamantri mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan perkotaan.

Camping ground yang terletak di kaki Gunung Salak ini menawarkan keindahan pemandangan asri vegetasi pepohonan pinus dan hutan tropis. Masih dapat dijumpai beberapa satwa liar seperti monyet ekor panjang, Owa Jawa dan Burung Elang Jawa. Berada di ketinggian 870 mdpl, suasana malam hari di sini terasa sejuk dan udara yang tidak terlalu dingin, sehingga sangat nyaman.

Panorama city light kota Bogor saat malam semakin melengkapi daya tarik yang dimiliki campground Sukamantri. Bahkan di pagi hari masih dimanjakan hangat matahari terbit serta kicauan burung yang terbang bebas di alam.

Kamu tidak akan merasa bosan jika berkemah di sini, sebab ada banyak aktivitas outdoor yang bisa dilakukan. Ada jungle track bagi kamu yang suka menjelajah hutan, atau trekking ke air terjun Suryakencana.

Curug yang punya ketinggian 15 meter dengan dua aliran air terjun yang terpecah, masih belum banyak terjamah oleh pengunjung. Butuh waktu sekitar 30 menit berjalan kaki dari camping ground menuju lokasi air terjun.

Apabila kamu ingin berkemah di Campgrounds Sukamantri, kamu juga tidak perlu repot membawa peralatan camping dari rumah. Di sini lengkap menyediakan fasilitas berkemah seperti tenda, sleeping bag, matras, kompor dan lainnya dengan tarif terjangkau.

Begitu pun fasilitas umum seperti toilet, mushola dan rumah makan yang sudah memadai. Camping bersama keluarga di sini, selain dapat menghilangkan penat juga bermanfaat untuk mengedukasi anak lebih mencintai alam.

4. Curug Ciputri Tenjolaya

LokasiTapus I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat.
Jenis tempat campingCamping ground.
Jam BukaSetiap hari selama 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000.
Telepon0878-2096-0469.
Rating ulasan4,5/5 dari 936 ulasan Google.
Waha wisata di sekitar tempat campingCurug Padalarang, Curug Kiara.

Wisata air terjun lainnya di Bogor yang juga menarik untuk liburan camping yaitu Curug Ciputri Tenjolaya. Perjalanan yang ditempuh dari pusat kota Bogor ke lokasi yang berjarak 21 km, butuh waktu sekitar 1 jam berkendara. Sedangkan untuk menuju curug, harus berjalan kaki sepanjang 1 km dengan kontur jalan yang sedikit menanjak. Meski demikian, kamu akan dipayungi oleh jajaran pohon pinus menjulang tinggi yang instagenic.

Curug Ciputri Tenjolaya memiliki kekhasan tersendiri di mana kolam airnya sudah terbentuk secara alami. Pancuran air terjun yang jatuh dari ketinggian 30 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras dan sangat jernih. Banyak dimanfaatkan pengunjung untuk berendam dan bermain air di sekitar curug. Kesejukan udara dan tempat yang dikeliling pepohonan dan suguhan panorama alam perbukitan, sungguh membuat lupa waktu.

Kamu bisa memaksimalkan rekreasi dengan memilih untuk berkemah di kawasan ini. Ada beberapa area camping ground yang disediakan oleh pihak pengelola. Yang paling terdekat adalah area camping yang tidak jauh dari parkiran, kurang lebih trekking sekitar 2 km.

Harga tiket campingnya terbilang murah, cukup bayar 25ribu per orang, membawa sendiri tenda dome dan alat camping lainnya. Fasilitas umum juga sudah tersedia, ada toilet, mushola serta warung makan. Jadi, tidak pusing kehabisan perbekalan, tinggal beli saja di warung makan atau sekedar ngopi hangat selepas bermain di curug.

5. Sentul Pine Forest

LokasiJl. Ke Karang Tengah, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.
Jenis tempat campingCamping ground, Glamping.
Jam BukaSetiap hari: 07.30-17.30.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000-Rp7.500.
Telepon0813-1271-0797.
Rating ulasan4,1/5 dari 782 ulasan Google.
Waha wisata di sekitar tempat campingPemandian air panas Gunung Pancar.

Ingin merasakan sensasi camping di tengah hutan pinus yang lokasinya tidak jauh dari Jakarta? Yuk, berkunjung ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar atau lebih dikenal dengan nama Hutan Pinus Sentul. Destinasi wisata yang menawarkan pengalaman berkemah dengan fasilitas premium yang sangat lengkap.

Tidak dipungkiri, daya tarik keindahan jajaran rapi pohon-pohon pinus yang tinggi menjulang yang ada di kawasan ini begitu memesona. Bahkan selalu menjadi spot hunting foto pengunjung yang ingin mengabadikan momen berpose di antara hutan pinus yang asri.

Berada di ketinggian 800 mdpl, udara terasa sejuk segar khas pegunungan. Ada beberapa aktivitas outdoor yang menarik di sini, seperti trekking, hiking, berkuda, dan lainnya. Tanah yang lapang serta kontur alam yang mumpuni, sering kali lokasi ini juga menjadi tempat mengadakan acara gathering dan outbound.

Daya tarik lainnya di tempat ini yaitu adanya pemandian air panas Gunung Pancar. Kamu bisa relaksasi dengan berendam di kolam air panas yang menyehatkan. Pilihan lain untuk relaksasi, rebahan di atas hammock yang disewakan di area hutan pinus. Mulai dari 4-10 tingkatan, dan spot ini juga menjadi wahana favorit wisatawan untuk berburu foto.

Mau berkemah di sini, ada ragam paket camping yang bisa dipilih. Jika bawa tenda sendiri, hanya dikenakan biaya Rp100.00 per orang sudah termasuk tiket masuk dan izin lokasi camping. Bila ingin lebih mewah, paket Glamour Camping (glamping) siap memanjakan dengan fasilitas premium yang dimiliki untuk kamu dan keluarga. Mulai dari 1,5 juta rupiah per tenda dengan durasi menginap 2 hari 1 malam berkapasitas 4 orang. Tidak hanya bikin betah, tetapi akan mendapatkan pengalaman camping yang tidak terlupakan.

6. Suaka Elang

LokasiCiburayut, Cigombong, Bogor, Jawa Barat.
Jenis tempat campingCamping ground.
Jam Buka08.00-17.00 (Senin – Minggu).
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000.
Telepon0856-9788-8819.
Rating ulasan4,1/5 dari 712 ulasan Google.
Waha wisata di sekitar tempat campingCurug Cibadak.

Suaka Elang Loji merupakan salah satu wisata edukasi alam di kota Bogor yang paling banyak direkomendasikan. Sesuai namanya, tempat ini digunakan sebagai penangkaran habitat langka burung Elang sebelum dilepaskan di alam liar. Selain melihat penangkaran burung Elang, pengunjung yang datang bisa menikmati pesona alam dan camping di area camping ground Suaka Elang.

Masih berada di dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak, berkemah di Suaka Elang Loji memberikan sensasi tersendiri. Area camping ground yang luas dikelilingi oleh hutan pohon pinus yang berjajar rapi nan asri. Kala pagi, pesona pemandangan kabut yang masih menyelimuti pepohonan, begitu instagramable. Sayang untuk dilewatkan tanpa berfoto. Pengunjung juga diizinkan untuk memasang hammock di antara pepohonan pinus. Kamu bisa bersantai di ayunan hammock sambil memandang keindahan alam sekitar.

Ketika menuju ke camping ground, melewati sebuah jembatan gantung yang cukup menjadi ikon di sini. Sebab banyak traveler yang membagikan hasil jepretan kerennya di media sosial dan menjadi trending. Belum sah ke Suaka Elang Loji, kalau belum berfoto di jembatan gantung ini. Namun, kamu perlu berhati-hati saat melewatinya. Jembatan beralaskan kayu dengan pembatas jaring di sisi kanan dan kiri, sudah berumur dan ada lubang.

Tidak jauh dari lokasi berkemah, terdapat Curug Cibadak yang bisa kamu kunjungi. Memiliki ketinggian 30-40 meter dengan aliran air yang bersih mengalir dari berbatuan besar. Trekking menuju tempat air terjun butuh waktu 60 menit tergantung dari kecepatan fisik.

Medannya memang cukup melelahkan, tetapi sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang menyegarkan. Jangan lupa membawa makanan dan minuman sendiri, sebab belum terdapat warung di sepanjang jalan menuju curug.

Meski tempat Suaka Elang Loji berada di tengah hutan, berkemah di sini sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Mulai dari mushola, toilet, area parkir, kantin serta penyewaan peralatan camping. Sangat disarankan untuk datang sebelum menjelang sore hari, sebab jalur trekking ke lokasi wisata belum memiliki penerangan jalan.

7. Lingkung Gunung Adventure Camp

LokasiJalan Caringin-Cilengsi Perkebunan Pancawati-Cimande Girang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cimande, Kec. Caringin,  Bogor, Jawa Barat.
Jenis tempat campingGlamping, camping ground.
Jam Buka09.00-20.00 (Senin – Minggu).
Harga tiket masuk (HTM)Mulai dari Rp75.000 / orang.
Telepon0895-10142113.
Rating ulasan4,4/5 dari 682 ulasan Google.
Waha wisata di sekitar tempat campingFlying fox, rafting, paintball, horse ride, spot foto, mountain bike, Elji cafe.

Mau berwisata petualangan dengan panorama alam yang Instagramable? Sepertinya kamu perlu mengunjungi tempat yang satu ini, Lingkung G unung Adventure Camp. Dari pusat kota Bogor hanya berjarak sekitar 27 km, menempuh waktu berkendara kira-kira 1,5 jam saja. Tempat rekreasi ini menawarkan sensasi petualangan alam yang dikemas menarik dan berbeda dari tempat lainnya.

Berada di kaki Gunung Gede Pangrango, di atas ketinggian 860 mdpl. Lingkung Adventure memiliki daya tarik pesona alam yang berhadapan langsung dengan Gunung Salak. Pandangan mata dimanjakan dengan pemandangan hamparan pepohonan hijau pegunungan nan asri. Suasana yang syahdu di alam terbuka akan membuatmu merasa nyaman dan tenang.

Kamu bisa berkunjung dan berkemah di sini bersama teman, keluarga maupun rekan kerja. Ada berbagai pilihan paket yang tersedia yang didukung fasilitas lengkap dan memadai. Jika kamu Ingin merasakan suasana lebih dekat dengan alam, bisa mengambil paket camping tenda mulai dari Rp75.000 per orang. Harga ini sudah termasuk tenda, matras dan sleeping bag.

Jika penasaran dengan berkemah ala glamour, kamu bisa pilih akomodasi glamping mulai dari Rp500.000 per orang. Semua kebutuhan sudah tersedia termasuk sarapan pagi. Sambil berkemah, kamu juga dapat melakukan ragam kegiatan untuk menambah keseruan.

Ada wahana spot foto selfie dengan latar bentangan alam pegunungan atau berpose di spot tenda glamping yang unik. Mencoba atraksi wisata seperti rafting, flying fox, bersepeda gunung, berkuda, dan lainnya. Malam harinya, lengkapi keseruan berkemahmu dengan request paket api unggun, agar suasana quality time kamu semakin hangat dan asyik.

8. Bukit Alesano Campground

LokasiDesa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Jenis tempat campingCamping ground.
Jam BukaSetiap hari selama 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000.
Telepon
Rating ulasan 4,1/5 dari 656 ulasan Google.
Waha wisata di sekitar tempat campingArea camping ground, bukit.

Bukit Alesano tengah populer di kalangan millenial sebagai spot camping yang Instagramable. Perpaduan panorama pegunungan dengan keindahan landscape kota Bogor dari atas bukit, sungguh cantik tiada duanya.

Kerap mendapatkan julukan Negeri Di atas Awan, pengunjung seolah terhipnotis oleh pesona kabut yang menyelimuti kawasan kala malam hari. Yang kemudian menghilang perlahan oleh tiupan angin, membuka pemandangan gemerlap kerlip dari lampu-lampu pemukiman kota Bogor.

Jangan terlewatkan momen matahari terbit sembari meresapi udara sejuk pagi hari. Manjakan mata dengan sajian pemandangan perbukitan serta hijau persawahan di sekeliling Gunung Gede Pangrango yang menyegarkan.

Begitu pun kala sunset menciptakan nuansa romantisme yang eksotis. Hasil jepretan menawan bisa kamu dapatkan dengan berpose di spot foto gardu pandang saat matahari mulai tenggelam

Bagaimana, kamu tertarik datang kesini?. Semua suguhan utama ini bisa kamu nikmati hanya dengan berkemah di Bukit Alesano. Ajak teman-teman kamu, jangan sendirian di tempat seindah ini. Kamu bisa bawa peralatan camping sendiri, atau menyewa di tempat dengan harga yang bersahabat.

Tidak perlu kuatir soal fasilitas. Meski berada di perbukitan, sudah tersedia toilet untuk membersihkan diri, mushola bagi muslim yang ingin beribadah, serta warung yang menjajakan makanan camilan ringan. Berhubung di sini hanya ada parkiran untuk sepeda motor, disarankan tidak membawa kendaraan roda empat.

9. Citra Alam Riverside

LokasiDesa Jogjogan RT03/RW01 Cilember, Jogjogan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.
Jenis tempat campingCamping ground.
Jam BukaSetiap hari selama 24 jam.
Harga paket wisataMulai dari Rp300.000 (bergantung paket yang dipilih).
Telepon021-7310249 / 021-7321394.
Rating ulasan4,5/5 dari 510 ulasan Google.
Waha wisata di sekitar tempat campingFlying fox, outbound, high ropes, Curug Cilember.

Sedang berencana kegiatan gathering keluarga atau mungkin outing kantor? Citra Alam Riverside bisa dijadikan salah satu pilihan tempat camping dengan fasilitas gathering dan outbound yang sangat lengkap. Menawarkan nuansa berkemah di alam terbuka pegunungan puncak Cilember Bogor yang berhawa sejuk. Beragam aktivitas outdoor dikemas menarik dan edukatif dengan tetap menjunjung kearifan lokal dan budaya.

Perkemahan yang terletak di tepi sungai (riverside) CIliwung menyuguhkan pemandangan hamparan persawahan di sekitarnya serta ruang terbuka hijau. Areanya yang luas mencapai 5 hektar dapat menampung hingga 1000 orang.

Selain banyak spot berfoto selfi untuk mengabadikan momen keseruan camping kamu. Beberapa jenis kegiatan bisa dilakukan di sini, seperti:

  1. flying fox.
  2. Arum jeram.
  3. Agrowisata.
  4. Berkuda, dan masih banyak lagi.

Tempat ini juga dekat dengan lokasi Curug Cilember yang dapat ditempuh dengan  berjalan kaki sekitar 30 menit saja.

Kamu bisa memilih paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Terdapat pilihan menginap dengan durasi 2 hari 1 malam (2D1N) atau 3 hari 1 malam (3D2N). Penginapannya yang ada berupa tenda dome dan vila tenda. Dijamin, menginap di perkemahan ini membuat pengalaman camping semakin menyenangkan dan berkesan.

10. Griya Sawah Lega

LokasiKopo, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat.
Jenis tempat campingCamping ground.
Jam BukaSetiap hari selama 24 jam. 
Harga paket wisataMulai dari Rp185.000.
Telepon0251-8258088 / 0857-1745-8088.
Rating ulasan4,2/5 dari 456 ulasan Google.
Waha wisata di sekitar tempat campingFlying fox, kolam pancing.

Griya Sawah Lega memberikan pengalaman menginap di tenda dome dengan fasilitas rasa bintang lima dalam nuansa pedesaan. Berbeda dengan camping di bumi perkemahan, berkemah di sini lengkap dengan fasilitas di dalamnya yang mengesankan. Kamu akan tidur nyenyak menggunakan kasur dan bantal, sampai urusan makan pun sudah disediakan.

Tidak sekedar camping ala resort, menikmati udara sejuk pegunungan dengan pemandangan persawahan sembari melakukan kegiatan outdoor yang menyenangkan. Kamu bisa beraktivitas seperti menangkap ikan di kolam pancing, bermain bilyar, flying fox dan berenang. Ruang terbuka hijau yang cukup luas, tempat ini sering dijadikan lokasi kegiatan outbound dan gathering acara keluarga, kantor maupun sekolah.

Harga paket camping yang ditawarkan mulai dari Rp185.000 per orang, sudah termasuk fasilitas tenda, matras, sleeping bag, free charge, 3x makan, dan 2x snack. Dengan seluruh fasilitas yang dimiliki, kamu akan merasakan kenyamanan saat berlibur di sini.

Nah, itulah rekomendasi 10 tempat camping di Bogor yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, sahabat, maupun komunitas. Dengan bercamping bisa menumbuhkan kecintaan terhadap alam semesta, serta mempererat tali silahturahmi dan komunikasi antar sesama. Jangan lupa untuk selalu menaati protokol kesehatan yang berlaku agar tetap nyaman dan aman selama liburan camping.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.