Tips-Memilih-Speaker-Aktif
Gadget

5 Tips Memilih Speaker Aktif yang Tepat

Speaker aktif merupakan teman yang baik bagi Anda yang ingin sensasi mendengarkan audio dan karaoke yang seru. Tak hanya itu, speaker aktif juga membuat Anda lebih praktis, tinggal colok dan mulai digunakan.

Tak perlu banyak pengaturan lainnya untuk menggunakannya. Praktis dan compact dengan suara yang mumpuni, itulah speaker aktif secara umum. Anda dapat mendengarkan musik, radio, dan karaoke dengan 1 speaker aktif. Harganya mulai dari Rp 200 ribuan hingga 8 jutaan juga ada.

Namun, sebaiknya memilih yang mana ya? Inilah yang akan kita bahas berikutnya, tips memilih speaker aktif yang bagus dan sesuai kebutuhan masing-masing.

Tips 1: Cek Kebutuhan Anda 

Langkah pertama adalah mengetahui kebutuhan dari penggunaan speaker aktif. Contohnya, speaker aktif untuk karaoke, untuk acara outdoor, untuk seminar, untuk studio musik, atau untuk event musik outdoor.

Masing-masing kebutuhan di atas perlu penyesuaian harga dan merk yang akan dipilih. Rekomendasi dari kami, bila penggunaan untuk cakupan keluarga dan rumah, maka speaker aktif dengan kisaran harga Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000 bisa dipertimbangkan. Sementara itu, untuk acara outdoor maka pilih speaker aktif full range yang harganya berkisar Rp 800.000 hingga Rp 2.000.000.

Nah, untuk kebutuhan studio dan event musik outdoor, pilih speaker aktif yang ditujukan untuk profesional, harga untuk produk jenis ini ada di rentang Rp 3 juta ke atas.

Pada saat memilih speaker aktif, umumnya harga sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Awet, kualitas suara, dan panel lebih lengkap. Salah satu produk yang bisa Anda gunakan untuk speaker aktif profesional, seperti JBL EON 615 atau Yamaha DBR 15. Dua speaker ini juga direkomendasikan oleh Rekomended.com sebagai speaker aktif terbaik.

Tips 2: Pilih Portable dan Bluetooth

Setelah mengetahui speaker yang dibutuhkan, apakah untuk rumah, event outdoor, atau event musik. Selanjutnya adalah memilih speaker aktif yang portable dan bluetooth.

Alasan mengapa memilih speaker aktif portable karena dengan portable, speaker dapat dinyalakan meskipun tidak terhubung ke sumber listrik. Jadi, speaker portable ini dapat Anda bawa untuk pindah ke ruangan atau area lainnya

Kemudian, konektivitas bluetooth juga tidak kalah penting. Tujuannya agar speaker aktif tersebut dapat memutar musik melalui koneksi dengan bluetooth pada HP atau laptop. Jadi, tidak perlu risau dengan kabel.

Dari sisi harga, tidak jauh berbeda dengan speaker aktif yang tidak portable. Jadi, dengan budget Rp 200.000 Anda sudah bisa mendapatkan speaker tif portable dan bluetooth.

Tips 3: Perhatikan Kualitas Audionya

Tips ketiga adalah mengetahui kualitas audio dari speaker aktif. Terdapat beberapa opsi untuk mengetahui kualitas audio dari speaker aktif, pertama mendengarkan langsung di toko; kedua mendengar dengan meminjam pada teman/orang yang sudah memiliki; ketiga mendengarkan dari review YouTube.

Ya, kamu dapat mendengarkan hasil dari audio speaker aktif melalui YouTube. Cara mencarinya cukup mudah, cukup ketikkan “review speaker (nama speaker aktif)”. Beberapa detail yang sebaiknya Anda perhatikan saat menguji speaker, di antaranya bass, echo, dan kejernihan suara.

Tips 4: Pilih Sistem Speaker 2 Way atau 3 Way

Terdapat 2 sistem speaker yang umum, yakni 2 way system dan 3 way system. 2 way system merupakan speaker aktif yang cakupan frekuensinya lebih kecil dibanding speaker 3 way. Speaker 2 way cocok digunakan di rumah atau indoor, sementara 3 way system cocok untuk outdoor.

Tips 5: Perhatikan RMS (Root Mean Square)

Speaker aktif merupakan speaker yang telah memiliki amplifier built-in. Hal ini pula yang menyebabkan speaker aktif menjadi lebih praktis karena amplifiernya telah menyatu dengan speaker.

Untuk mendapatkan speaker aktif dengan suara yang kuat, pilih RMS yang tinggi. Dengan RMS tinggi maka desibel (db) yang dihasilkan speaker menjadi lebih tinggi pula.

RMS ini Anda diketahui dari spesifikasi produk. Anda dapat mencari keterangan spesifikasi “watt RMS” pada kardus dari speaker aktif.

Demikianlah 5 tips sederhana untuk memilih speaker aktif. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.