tempat-camping-di-bandung-ranca-upas
Umum

Wisata Bandung Selatan

Saat liburan, baru terasa serunya kalau kamu pergi jalan-jalan. Makanya, buat kamu khususnya yang tinggal di kawasan Jawa Barat. Kamu bisa kunjungi tempat wisata terbaik di Bandung Selatan. Soalnya, Bandung punya banyak banget tempat asyik buat dijelajahi. Apalagi, jika kamu ingin menjauh sebentar dari keramaian kota. Nah, sudah ada tempat wisata pilihan dari kami buat kamu.

Mulai penasaran? Yuk, langsung simak pembahasan lengkapnya. Let’s get right in!

1. Kawah Putih

Kawah Putih
Kawah Putih
LokasiDesa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Jawa Barat.
Jam BukaSenin – Minggu, 08.00 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp27.000 – Rp162.000
Telepon0813-2373-9973.
Rating ulasan4,6/5 dari 4.841 ulasan Google.
Wahana di sekitar tempat wisataSpot foto.

Kawah Putih sudah menjadi ikon wisata Jawa Barat. Tepatnya, lokasi Kawah Putih berada di wilayah Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. Untuk menuju ke sini, tidak sulit aksesnya. Kamu bisa naik kendaraan pribadi dari pintu Tol Kopo atau Tol Purbaleunyi. Lalu menuju jalan Kopo-Soreang. Di kawasan Soreang, setelah sampai Ciwidey, ada pintu masuk ke Kawah Putih.

Di sisi lain, kamu juga bisa naik kendaraan umum. Kamu akan berangkat naik L300 dari terminal Leuwi Panjang di Bandung. Lalu, menuju Ciwidey. Sesampainya di sana, naiklah angkutan kota warna kuning. Angkot ini menuju Situ Patenggang. Berhentinya tepat di gerbang masuk Kawah Putih.

Sekilas sejarah tentang Kawah Putih. Kawah ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan ke-12. Sebenarnya ada banyak kawah akibat dari letusan ini. Sementara, warna putih tersebut adalah pantulan dari tanah di dasar kawah. Dahulu, pemerintah Belanda lantas menganggap kawah ini punya potensi kapur yang begitu baik. Didirikanlah pabrik kapur yang akhirnya dijuluki Zwavel Ontgining.

Saat Belanda tak lagi berkuasa, pabrik tersebut beralih kepemilikannya ke pemerintah Jepang. Setelah Indonesia merdeka, pemerintah menyadari potensi wisata kawah ini. Akhirnya dibangunlah berbagai fasilitas sampai jalur aksesnya juga. Sekarang, Kawah Putih menjadi salah satu objek wisata yang sangat ramai dikunjungi.

Kalau ke sini, kamu bisa persiapkan untuk membawa payung atau sunblock. Sebab, udaranya panas di siang hari. Selain itu, di Kawah Putih, kamu bisa foto-foto serta menikmati pemandian air panas. Tak lupa cicipi makanan khas seperti bajigur dan wedang bandrek. Oh, kamu juga bisa menginap di sini. Seru banget, deh.

2. Barusen Hills Ciwidey

Barusen Hills Ciwidey
Barusen Hills Ciwidey
LokasiGambung Ciwidey, Cisondari, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972
Jam BukaSenin – Sabtu, 08.00 – 17.00 WIB. Minggu, 07.00 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000
Telepon0813-2218-2457.
Rating ulasan4.0/5 dari 2,288 ulasan Google.
Wahana di sekitar tempat wisataWaterpark, taman love, perahu taman, camping ground.

Barusen Hills Ciwidey adalah tempat wisata yang menyajikan pemandangan indah. Di sini, kamu juga bisa nikmati suasana segar alami dengan udara sejuk. Konsepnya unik karena menggabungkan taman serba love dengan water park. Tempat ini juga memiliki suasana asri. Cocok buat kamu yang mencari destinasi jauh dari perkotaan.

Nah, di Barusen Hills Ciwidey ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan. Tempatnya seru banget dengan wahana dan fasilitas lengkap. Ada waterpark yang menyediakan kolam renang air panas. Jadi, kamu tak kan kedinginan saat berenang. Bahkan dengan udara Bandung Selatan yang dingin. Di waterpark, ada wahana lainnya. Wahana tersebut antara lain perosotan air dan ember tumpah. Seru banget buat basah-basahan, terutama bagi anak-anak.

Kalau tidak suka main air, kamu bisa jalan-jalan keliling di Taman Love. Nama Love tersebut diberikan karena taman ini berbentuk hati. Kemudian, ada bunga cantik warna-warni di sekelilingnya. Selain itu, ada jembatan bambu dengan bentuk love. Jembatannya menghadap perbukitan sehingga view-nya eksotis. Seru, kan, apalagi jika kamu ke sini bersama pasangan.

Nah, tidak hanya itu saja. Kamu juga bisa menikmati waktu sambil naik perahu. Dengan menggunakan perahu, kamu bisa lho, pergi berkeliling taman. Di dermaga perahu, ada pula spot love untuk berfoto. Asyik, kan. Lalu, kalau kamu tidak puas hanya berjalan-jalan, kamu bisa berkemah juga. Tersedia camping ground yang dijamin tak kan bikin bosan. Berkemah di sini bisa jadi alternatif menginap. Biar tidak di kamar hotel dengan suasana itu-itu saja.

Akan tetapi, kalau kamu tidak berencana untuk berkemah, tak masalah. Sudah ada penginapan seperti villa, cottage dan termasuk camping ground juga. Jadi, kamu bebas saja memilih tempat untuk menginap. Selain itu, fasilitas di sini lengkap, lho. Ada gazebo, musala, toilet, tempat penginapan, kantin, dan area parkir yang memadai. Kamu pasti nyaman berwisata di sini bersama keluarga.

3. Ranca Upas

Ranca Upas
Ranca Upas
LokasiJl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973.
Jam BukaSenin – Minggu, 07.00 – 16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp22.000
Telepon0812-2345-6911.
Rating ulasan4,5/5 dari 8.799 ulasan Google.
Wahana di sekitar tempat wisataCamping ground, arena outbond, penangkaran rusa, spot foto, waterboom dan kolam renang air panas.

Ranca Upas Ciwidey merupakan tempat wisata camping yang ada di Bandung. Nah, tempat ini memang merupakan bumi perkemahan yang dikelola Perhutani. Tahu nggak, sih? Ranca Upas Ciwidey merupakan salah satu tempat camping di Bandung yang terbaik. Sebab, fasilitasnya sangat lengkap. Kamu bisa melakukan banyak aktivitas di sini. Mulai dari berkemah hingga bermain di water park juga bisa.

Nah, berkemah merupakan kegiatan utama yang bisa dilakukan. Sesuai dengan fungsi dari kawasan wisata ini yang merupakan bumi perkemahan. Serunya, suasana alam di sini masih asri dan terlindungi. Kemudian, sudah ada persewaan alat berkemah, mulai dari tenda sampai sleeping bag. Kan, seru banget kemah di Ranca Upas Ciwidey.

Selain berkemah, kamu juga bisa berinteraksi dengan rusa, lho. Ada penangkaran rusa di tempat ini. Kamu bisa memberi makan wortel untuk para rusa, sembari berfoto bersama mereka. Makanannya sudah tersedia, kok. Di samping itu, ada lagi aktivitas seru lainnya seperti outbond. Dengan latar alam yang alami dan terbuka, outbond terasa seru banget di sini.

Kegiatan outbond bisa menambah keakraban di antara rekan kerja maupun teman sekolah. Kemudian, masih ada lagi aktivitas seru lainnya. Jadi, kamu bisa nikmati kolam renang air panas dan waterboom. Nah, waterboom adalah wahana terbaru di kawasan wisata ini. Selain itu, ada juga kolam pemandian air panas. Pas banget berendam di sini, apalagi cuaca Bandung itu dingin.

Terakhir, kamu bisa berfoto di Ranca Upas Ciwidey. Tidak lain karena tempatnya yang sangat keren. Ada padang rumput alami, serta hutan, dan penangkaran rusa. Wah, belum lengkap kalau kamu tidak berfoto sebelum pulang. Sementara, akses ke Ranca Upas Ciwidey juga mudah. Dari pusat kota Bandung jaraknya sekitar 45 km. Perjalanan untuk ke lokasi sekitar 1,5 jam. Kamu bisa naik kendaraan melintasi jalan tol Soreang.

4. Situ Patenggang

Situ Patenggang
Situ Patenggang
LokasiPatengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40973.
Jam BukaSenin – Minggu, 09.00 -17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000
Telepon022-8592-0070.
Rating ulasan4,5/5 dari 1.380 ulasan Google.
Wahana di sekitar tempat wisataKebun teh, perahu dan sepeda air di danau, piknik, memancing, spot kapal Pinisi.

Situ Patenggang adalah sebuah danau yang berada di Ciwidey. Tempat ini merupakan wisata alam di Bandung. Situ Patenggang juga disebut dengan Situ Patengan. Lokasinya berada di kaki Gunung Patuha. Pemandangan danau ini eksotis banget, lho. Di sekelilingnya, ada perkebunan teh seluas 48 hektar. Ditambah lagi, lokasinya berada di ketinggian 1.600 mdpl.

Kondisi tersebut membuat udara di sini segar, sejuk dan asri. Luas danau yaitu 45.000 hektar. Danau ini masuk ke dalam wilayah cagar alam seluas 123.077 hektar. Nah, lokasi ini dikelola hingga menjadi tempat wisata alam sejak tahun 1981. Kamu nggak cuma bisa melihat keindahan danau saja. Di sini, ada berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan.

Tentu saja, kegiatan utama yang paling asyik yaitu menikmati panorama danau. Kamu bisa menikmati keindahan danau, dengan dikelilingi kebun teh dan pegunungan. Di samping itu, kamu pun bisa belajar sejarah dari mitos yang ada. Konon, nama tempat ini diberikan menurut kisah perpisahan Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka terus berupaya saling mencari. Akhirnya, keduanya dipertemukan di sini.

Usai bertemu Ki Santang, Rengganis meminta dibuatkan danau dengan pulau kecil di tengah. Sekarang, daratan kecil ini dinamai Pulau Sasuka atau bisa dikenal dengan Pulau Asmara. Untuk menikmati keindahan danau, kamu juga bisa naik perahu, lho. Jadi, kamu menggunakan perahu buat keliling danau. Kalau mau mampir di pulau di tengah danau juga boleh banget. 

Oh iya. Jangan lupa mampir ke Batu Cinta Situ Patenggang yang ada di Pulau Asmara. Konon, kalau kamu datang ke sini bersama kekasih, kamu dan dia bakal langgeng selamanya. Sebab, menurut cerita, batu ini adalah tempat pertemuan Ki Santang dan Dewi Rengganis setelah terpisah. Nah, masih ada aktivitas lainnya yang tidak kalah seru. Kamu bisa piknik di pinggir danau kemudian jalan-jalan di kebun teh. Pastikan juga kamu mampir di spot kapal Pinisi yang instagrammable.

5. Kebun Teh Malabar

Kebun Teh Malabar
Kebun Teh Malabar
LokasiPangalengan Kabupaten Bandung.
Jam BukaSenin – Minggu, 08.00 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000
Telepon
Rating ulasan4,4/5 dari 50 ulasan Google.
Wahana di sekitar tempat wisataMakam Karel Rudolf Bosscha, Museum & Wisma Karel Rudolf Bosscha, Pabrik Teh Malabar.

Kebun teh Malabar adalah wisata alam yang ada di Bandung Selatan. Lokasi tepatnya ada di Malabar Pangalengan. Luas perkebunan teh ini hampir mencapai 2.022 hektar. Wah, tempat ini perfect buat menghilangkan penat kamu. Seketika kamu bakal merasa refresh saat berada di sini. Tempatnya juga pas sekali untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman.

Tahu nggak, sih? Sebenarnya tempat ini sudah ada sejak zaman penjajahan. Kebun teh ini dibangun pada tahun 1896. Saat itu masih merupakan masa kolonial Belanda. Nah, kalau mau ke sini, aksesnya mudah. Kamu bisa berangkat dari pusat kota Bandung, jaraknya sekitar 45 km. Di lokasi kebun teh, kamu akan melihat aktivitas warga sekitar. Kebanyakan masyarakat setempat bekerja menjadi pemetik teh. Mereka juga memelihara sapi perah. Menarik, ya.

Di samping mengamati perkebunan teh, kamu juga bisa belajar sejarah, lho. Di sini, ada makam Karel Albert Rudolf Bosscha. Beliau dahulu merupakan manajer kebun teh Malabar. Kepribadiannya rendah hati, peduli, dan penyayang. Maka dari itu, warga sekitar menjadikannya panutan. Makamnya juga terawat sekali. Ada taman asri dan bersih yang mengelilingi makam.

Selanjutnya, ada tempat lainnya yang wajib kamu kunjungi. Tempat tersebut yaitu Museum dan Wisma Karel Rudolf Bosscha. Jadi, dahulu tempat tinggal ini yang kokoh ini dibangun oleh Bosscha. Lokasinya di area di sekitar perkebunan. Saat ini, rumah tersebut dijadikan museum bosscha di bawah pengelolaan PT. Perkebunan Nusantara VIII. Nah, kamu bisa menyaksikan interior dengan arsitektur khas Belanda di bangunan ini.

Selain itu, masih ada fasilitas lainnya buat kamu yang mau menginap. Ada Villa Bosscha dengan pilihan variasi tempat bermalam. Tersedia villa kayu dan guest house di sini. Totalnya ada 11 unit kamar, masing-masing berkapasitas 2-3 orang.  Asyik, kan. By the way, area perkebunan ini juga merupakan lokasi suting untuk film My Heart. Masih ingat filmnya, nggak? Bikin nostalgia banget, kan.

6. Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey
Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey
LokasiSugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972.
Jam BukaSenin – Minggu, 08.00 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp12.000
Telepon0813-2373-9973.
Rating ulasan4,2/5 dari 1.390 ulasan Google.
Wahana di sekitar tempat wisataKebun teh, bangunan klasik Belanda.

Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey adalah tempat wisata kekinian yang ada di Bandung. Adapun keunikan tempat ini yaitu adanya pohon-pohon cemara dengan bentuk yang berbeda. Nah, ukuran pohonnya pendek. Kemudian, bentuk pohon tersebut menyerupai jamur, lho. Dari sinilah nama Bukit Jamur berasal.

Bentuk bukitnya sendiri setengah bola. Lokasinya ada di dataran tinggi yang asri dan sejuk. Letaknya berada di kaki Gunung Patuha dan Gunung Tilu. Kalau mau ke sini, kamu bisa berangkat naik kendaraan motor maupun mobil. Berangkatnya dari pusat kota Bandung. Lalu, melintaslah di Jalan Leuwi Panjang. Kemudian, arahkan kendaraan ke Ciwidey, terus sampai Dusun Keneng.

Awalnya, Bukit Jamur memang belum populer, tapi kini semakin naik daun. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini ada beragam. Terutama, kamu bisa berfoto selfie di spot-spot instagrammable yang ada. Seperti di antara pohon-pohon cemara berbentuk jamur. Kemudian, di gazebo dengan latar pepohonan cemara juga bisa. Banyak, lho, yang menjadikan tempat ini spot foto pre-wedding.

Tak hanya itu saja. Kamu juga bisa jalan-jalan ke perkebunan teh di dekat Bukit Jamur. Kebun teh masih berada di lokasi yang sama. Lokasinya berada di dalam satu kawasan. Kamu dapat menikmati kesegaran di kebun teh. Sekalian, kamu pun bisa berfoto-foto di sela pohon-pohon teh. Menarik banget view-nya. Selain itu, ada lagi spot keren yaitu bangunan klasik khas Belanda.

Bangunan tersebut berada di dekat pabrik teh. Terdapat cerobong asap untuk menghangatkan ruangan di bangunan ini. Cerobong ini estetik, lho, bisa kamu jadikan spot foto juga. Selain spot-spot asyik tadi, ada juga tempat wisata populer di sekitar Bukit Jamur. Tempat-tempat tersebut yakni Taman Kelinci, Situ Patenggang, dan Emte Highland Resort. Lengkap, deh.

7. Kebun Teh Rancabali

Kebun Teh Rancabali
Kebun Teh Rancabali
LokasiPatengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973.
Jam BukaSenin – Minggu, 07.00 – 17.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000
Telepon
Rating ulasan4,6/5 dari 3.194 ulasan Google.
Wahana di sekitar tempat wisataWisata pabrik teh, glamping lake side, spot foto Batu Gede, Golesat, permainan anak, camping ground, flying fox, teawalk.

Kebun Teh Rancabali merupakan tempat wisata yang asyik banget di Bandung. Perkebunan teh ini punya daya tariknya sendiri. Terutama, pemandangan indah dengan udaranya yang sejuk. Lokasi Kebun Teh Rancabali ada di Ciwidey, Bandung Selatan. Nah, ada banyak banget aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini.

Tentunya, aktivitas utama di tempat ini adalah berkeliling kebun teh. Ikonik sekali pemandangannya. Kebun tehnya sangat luas. Udaranya dingin dan sejuk. Kemudian, bentuk kebun tehnya meliuk-liuk, estetik sekali. Masih ingat film Petualangan Sherina? Lokasi suntingnya di kebun teh ini, lho. Bikin bernostalgia, kan. Kemudian, buat kamu yang mau selfie, juga bisa banget. Ada salah satu spot unik yaitu Batu Gede atau Batu Besar.

Unik sekali batu ini, karena posisinya tidak simetris. Makanya, disediakan tangga untuk membantu kamu naik ke atas batu. Dari atasnya, terlihat perkebunan teh dengan lebih jelas. Panorama yang terlihat indah banget. Cocok untuk healing kamu. Di samping itu, kamu juga bisa melengkapi kegiatan dengan berwisata edukasi ke pabrik teh. Tak lupa nikmati minuman hangat yang dijual di sepanjang jalan perkebunan. Ada bandrek yang menjadi minuman khasnya.

Oh iya, yang nggak kalah seru yaitu aktivitas glamping. Sudah tersedia tempat bernama Glamping Lake Side Rancabali. Jadi, di sini, kamu bisa bermalam sembari menyatu dengan alam. Namun, tetap dengan nuansa modern dan suasana nyaman. Bahkan, banyak lho, pejabat dan pemimpin negara yang memberikan pujian untuk fasilitas glamping ini. Sebab, tempat ini sudah memberi kontribusi besar, untuk menggerakkan roda pariwisata di Ciwidey.

Lalu, ada satu lagi aktivitas seru di sini. Aktivitas tersebut adalah menikmati wahana Golesat. Wahana ini tergolong masih baru, dibuka setelah tahun 2019. Jadi, Golesat menyediakan kereta beroda tiga untuk mengelilingi sirkuit yang tersedia. Kamu bisa meluncur di sirkuit sambil menggunakan kereta roda tiga tersebut. Selama meluncur, kamu dapat melihat pemandangan kebun teh, serta Situ Patenggang yang indah. Itu tadi rekomendasi tempat wisata terbaik di Bandung Selatan. Asyik banget, kan, tempat-tempatnya. Kebanyakan adalah wisata alam dengan daya tarik yang khas. Cocok buat menikmati udara dingin Bandung dengan cara yang berbeda. Yuk, jalan-jalan seru di Bandung Selatan! Waktunya kamu liburan bareng teman dan keluarga. Jangan lupa berfoto agar liburanmu semakin berkesan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.