wisata jawa timur
Umum

Wisata Jawa Timur

Ada kalanya kamu butuh piknik. Manfaatnya lebih dari sekadar refreshing. Namun, saat kamu jalan-jalan, kamu akan mengeksplorasi tempat baru. Kamu jadi mengenal spot wisata asyik di sekitarmu, yang selama ini mungkin belum kamu tahu. Seperti halnya tempat wisata terpopuler di Jawa Timur. Banyak tempat menarik untuk destinasi liburanmu. Apalagi buat kamu wisatawan dari luar provinsi.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, lanjut baca.

1. Jawa Timur Park 2

Jawa Timur Park 2
Jawa Timur Park 2
LokasiJl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin – Minggu, 08.30 – 16.30 WIB.
Harga tiket masukHari Biasa Rp84.000 per orang. Hari Libur Rp120.000 per orang.
Rating ulasan4,6/5.0 – 39.273 ulasan Google.
Spot foto terfavoritBatu Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park, Sweet Memories Selfie.
Estimasi waktu4 menit (1.2 km) via Jl. Dewi Sartika dari kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Jawa Timur Park 2 atau Jatim Park 2 merupakan tempat wisata yang sangat populer. Amusement park ini jadi salah satu ikonnya wisata Jawa Timur. Lokasinya ada di Kota Batu, Jawa Timur. Kamu bisa berangkat dari Kota Malang ke lokasi, dengan jarak 17,8 km, dan lama perjalanan 38 menit. Kalau berangkat dari pusat Kota Batu, dekat banget, hanya 1,2 km atau 4 menit perjalanan.

Di Jatim Park 2, ada banyak wahana atau zona untuk hiburan, rekreasi, hingga edukasi. Ada Batu Secret Zoo yang menjadi rumah para hewan. Nanti, kamu bisa melihat jerapah, komodo, harimau, rubah, gajah, hingga kura-kura.

sumber: Instagram.com/batusecretzoo.official/
(sumber: Instagram.com/batusecretzoo.official/)

Lalu, ada juga Museum Satwa tempatnya hewan-hewan yang diawetkan, tapi kelihatan nyata banget. Tak ketinggalan ada Eco Green Park yang seru banget. Salah satu spot paling menarik di sana adalah rumah terbalik. Satu lagi, ada spot Sweet Memories Selfie. Ini adalah spot foto dengan tema-tema ikonis dan menarik. Sementara, fasilitas di Jatim Park 2 juga sangat lengkap. Tersedia area parkir luas, musala, food court, baby care, pusat oleh-oleh, hingga charging station

2. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
LokasiKabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masukHari Kerja Rp29.000 per orang. Hari Libur Rp34.000 per orang.
Rating ulasan4,8/5.0 – 37.737 ulasan Google.
Spot foto terfavoritKawah Bromo, Pura Luhur Poten, Pasir Berbisik, Savana Bromo, Gunung Batok, Penanjakan Point, King Kong Point, Seruni Point, Bukit Cinta, Bukit Teletubbies, Bukit Jemplang, Desa Ngadas, Puncak B29, Bukit Mentigen, Pos Dingklik.
Estimasi waktu56 menit (31.4 km) via Jl. Raya Gubugklakah dari kota Malang.

Tidak ada yang tak kenal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di sini, kamu bisa menikmati pesona keindahan gunung Bromo, Tengger dan Semeru. Kamu bisa juga mendaki Gunung Semeru yang merupakan puncak tertinggi di Jawa.

Dari atas Semeru kamu bisa melihat puncak-puncak gunung tertinggi di Jawa lainnya. Seperti, puncak Arjuno-Welirang, puncak Sindoro, puncak Sumbing hingga puncak gunung Slamet.

Untuk bisa mencapai Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru, kamu bisa memakai mobil dan kendaraan umum. Kalau kamu berangkat dari Malang, jaraknya sekitar 35,4 km ke lokasi. Kalau berangkat dari Lumajang, jaraknya sekitar 36,4 km. Sedangkan, dari Probolinggo, jaraknya yaitu 33,2 km. Sementara, dari Pasuruan paling dekat, yaitu berjarak 20,3 km.

By the way, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sangat eksotis. Sebab, kawasan ini menjadi satu-satunya tempat konservasi di Indonesia dengan lautan pasir seluas 10 km. Lautan pasir inilah yang disebut Tengger. Di kawasan selatan lokasi, kamu akan menjumpai dataran terjal. Dataran ini terbelah oleh lembah, kemudian di sekitarnya terdapat danau-danau indah.

Lautan pasir di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Lautan pasir di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Panorama tersebut bisa kamu lihat sampai di kaki Gunung Semeru. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di taman nasional ini. Kamu bisa mendaki ke puncak Gunung Bromo atau bahkan Gunung Semeru. Kamu juga dapat berwisata religi dengan mengunjungi pura-pura di sekitar lokasi. Salah satunya ada Pura Luhur Poten yang terkenal. Kalau mau tidak capek keliling Bromo, kamu bisa sambil naik kuda.

3. Batu Night Spectacular (BNS)

Batu Night Spectacular
Batu Night Spectacular
LokasiJl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 15.00 – 23.00 WIB.
Harga tiket masukWeekday Rp30.000 per orang. Weekend Rp40.000 per orang.
Rating ulasan4,4/5.0 – 29.367 ulasan Google.
Spot foto terfavoritMerry Go Round, Jump Around, Mini Train, Sepeda Udara, Flying Swinger, Gravitron, Sepeda Gila.
Estimasi waktu6 menit (2.2 km) via Jl. Oro-Oro Ombo dari kota Batu, Malang.

Setiap orang perlu sesekali menikmati malam dengan cara yang berbeda. Batu Night Spectacular (BNS) hadir sebagai tempat wisata malam yang sangat menarik. Lokasinya ada di Kota Batu, Jawa Timur. Kamu bisa berangkat dari kota Malang dengan menempuh jarak 17,7 km selama 38 menit saja. Sementara, kalau dari Kota Batu, perjalanan hanya berjarak 2,2 km dengan waktu tempuh 6 menit.

Di BNS, sudah ada tujuh atraksi utama yang akan menyambutmu.

  1. Ada air mancur.
  2. Lampion Garden.
  3. Sepeda udara.
  4. Flying Swinger.
  5. Gokart.
  6. Megamix.
  7. Night Market.

Night Market adalah pasar malam yang menjual makanan, minuman, camilan, pakaian, aksesori, dan berbagai souvenir menarik. Pokoknya lengkap banget di sini. Suasana juga sangat meriah. Malammu akan menjadi semakin hidup.

sumber: Instagram.com/batunightspectacular/
(sumber: Instagram.com/batunightspectacular/)

Tak perlu khawatir soal fasilitas, BNS sudah menyediakan semuanya. Ada area parkir luas, toilet umum dan toilet difabel, serta musala. Kamu mau menginap bersama keluarga? Bisa. Tersedia hotel, guest house, dan penginapan di sekitar kawasan.

4. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung
Air Terjun Dlundung
LokasiWisata Dlundung Desa, Hutan, Ketapanrame, Kec. Trawas, Mojokerto, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin – Minggu, 08.00 – 16.00 WIB.
Harga tiket masukWeekday Rp10.000 per orang. Weekend Rp12.500 per orang.
Rating ulasan4,5/5.0 – 4.990 ulasan Google.
Spot foto terfavoritTepi air terjun, tulisan Dlundung Waterfall dekat air terjun, taman indah nan alami di jalur trekking menuju air terjun, area perkemahan.
Estimasi waktu1 jam 4 menit (38.4 km) via Jl. Raya Trawas dari Mojokerto, Jawa Timur.

Air Terjun Dlundung merupakan wisata alam yang ikonis di Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Lokasinya berada di Gunung Penanggungan, sehingga keindahan alamnya memukau. Di air terjun Dlundung, juga terdapat area camping ground. Nah, camping ground air terjun Dlundung merupakan salah satu tempat camping terbaik di Jawa Timur. Sebab, area camping di sini sangat menawan.

sumber: Instagram.com/rizkaherjayanti/
(sumber: Instagram.com/rizkaherjayanti/)

Lokasi kemahnya sangat luas serta dekat dengan air terjun. Jadi, pemandangannya semakin indah. Apalagi saat pagi dan sore hari, ketika sunrise dan sunset. Sementara, di malam hari, terdengar suara air terjun, serta hewan-hewan di hutan sekitar. Oh iya, kamu bisa siapkan perlengkapan kemah sendiri, ya. Pengelola air terjun belum menyediakan fasilitas tenda dan perlengkapan camping di sini.

Nah, kalau cuma mau jalan-jalan menikmati air terjunnya, juga bisa banget. Air terjun Dlundung memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Airnya sangat jernih, sehingga hal tersebut menjadi salah satu daya tariknya juga. Kamu bisa nikmati pesona alamnya sambil berfoto-foto. Kalau mau ke lokasi, bisa berangkat dari Mojokerto dengan jarak 38,4 km. Sedangkan, lama perjalanan sekitar 1 jam 4 menit.

5. Batu Flower Garden

Batu Flower Garden
Batu Flower Garden
LokasiOro-Oro Ombo, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaWeekday, 09.00 – 15.00 WIB. Weekend, 08.00 – 15.00 WIB.
Harga tiket masukRp25.000 per orang.
Rating ulasan4,1/5.0 – 7.512 ulasan Google.
Spot foto terfavoritGardu pandang I Love You, kebun bunga, Sky Bike, hammock, flying hammock, ayunan.
Estimasi waktu16 menit (5.2 km) via Jl. Oro-Oro Ombo dari kota Batu, Malang.

Batu Flower Garden merupakan destinasi yang pas untuk bersantai. Tempat wisata ini berada di Kota Batu. Tempatnya berdekatan dengan Batu Night Spectacular (BNS). Untuk menuju Batu Flower Garden, kamu bisa berangkat dari pusat kota Batu. Jaraknya 5,2 km saja, dengan lama perjalanan kurang lebih 16 menit. Kawasan wisata nan indah ini berada di lereng gunung Panderman, dengan ketinggian 1.000 mdpl.

Tempatnya berupa taman dengan konsep gardu pandang. Maka dari itu, kamu bisa melihat pemandangan Kota Batu dari ketinggian. Wahana dan atraksi di sini juga lengkap. Ada macam-macam gardu pandang yang unik, hammock, ayunan, hingga sepeda langit yang populer di media sosial. Lalu, seperti namanya, taman ini memiliki kebun bunga cantik yang warna-warni. Letaknya di atas Bukit Bulu.

sumber: Instagram.com/batuflowergarden.cobanrais/
(sumber: Instagram.com/batuflowergarden.cobanrais/)

Sedangkan, wisata ikonis satunya di sini adalah air terjun Coban Rais. Jadi, kamu bisa sekalian mengunjungi dua tempat wisata berbeda. Fasilitas di Batu Flower Garden juga lengkap, nih. Sudah ada lahan parkir luas, toilet umum, dan musala. Kemudian, ada Machate Café di dekat pintu masuk, dengan dikelilingi hutan pinus yang segar. Makanannya di kafe lengkap dan harganya terjangkau, lho.

6. Pantai Klayar

Pantai Klayar
Pantai Klayar
LokasiPacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masukDewasa Rp15.000 per orang. Anak-anak Rp10.000 per orang.
Rating ulasan4,6/5.0 – 2.857 ulasan Google.
Spot foto terfavoritBatu karang Sphinx, batu karang suling paus, sunrise dan sunset di tepi pantai.
Estimasi waktu1 jam 9 menit (39.3 km) via Jl. Punung-Gondosari dari kota Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Klayar berada di Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah dan cantik. Tidak berlebihan kalau kamu menyebutnya summer paradise. Untuk menuju pantai ini, kamu bisa berangkat dari pusat kota Pacitan. Jaraknya sekitar 34,3 km dengan lama perjalanan kurang lebih 1 jam 1 menit. Kamu dapat menggunakan mobil atau sepeda motor.

Nah, yang membuat pantai ini memesona adalah pasir putihnya. Kemudian, ombaknya biru jernih sebening kristal. Lalu, di sisi kanan dan kiri pantai, ada bukit karang yang mengapitnya. Kamu bisa naik ke bukit karang yang ada di sebelah kanan. Di bukit ini, terdapat gardu pandang untuk melihat panorama pantai. Akan terlihat lanskap Pantai Klayar yang menakjubkan.

sumber: Instagram.com/pantaiklayarpacitan/
(sumber: Instagram.com/pantaiklayarpacitan/)

Adapun aktivitas seru di pantai ini yaitu selancar, berenang, atau sekadar berjalan menyusuri tepi pantainya. Oh iya, tentunya kamu juga bisa berfoto-foto. Semua spot di Pantai Klayar Instagrammable. Fasilitas di pantai ini juga lengkap banget. Ada kamar mandi, musala, serta tempat makan. Cocok sekali untuk tempat wisata keluarga.

7. Blue Fire – Kawah Ijen

Blue Fire - Kawah Ijen
Blue Fire – Kawah Ijen
Lokasiperbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 03.00 – 12.00 WIB.
Harga tiket masukHari biasa Rp5.000 per orang. Hari libur Rp7.500 per orang.
Rating ulasan4,7/5.0 – 3.617 ulasan Google.
Spot foto terfavoritBlue Fire (Blue Flame), danau belerang, sunrise dari kawah Ijen.
Estimasi waktu1 jam 25 menit (42.8 km) via Jl. Kawah Ijen dari kota Banyuwangi, Jawa Timur.

Kamu pasti sudah tidak asing dengan nama Kawah Ijen. Sampai sekarang, Kawah Ijen masih menjadi destinasi yang sangat populer. Terutama, karena adanya fenomena blue fire atau api biru di kawahnya. Bahkan, konon fenomena tersebut hanya ada di Kawah Ijen, guys.

Untuk melihat blue fire yang menyala dan menari-nari, idealnya adalah saat dini hari. Kamu bisa mendaki dari Pos Paltuding selama sekitar 3-4 jam. Mendakilah pada waktu dini hari. Kamu tak hanya melihat blue fire, tapi juga panorama sunrise yang tiada duanya dari puncak Ijen.

Namun, ingat untuk hati-hati dengan gas belerang di Kawah Ijen. Kalau terhirup dan kamu tak kuat, bisa bikin pusing hingga batuk-batuk. Jadi, pakai masker dengan penyaring udara. Nah, di pos ada persewaan masker, atau pemandu juga biasanya sudah menyediakannya.

sumber: Instagram.com/twakawahijen_official/
(sumber: Instagram.com/twakawahijen_official/)

Di Kawah Ijen, banyak spot buat foto, terutama kawah hijau tosca yang jadi ikonnya. Tak lupa, sempatkan berinteraksi dengan penambang belerang jika ada kesempatan. Agar kamu mendapat wawasan baru sekaligus pelajaran hidup darinya.

Sekian ulasan kali ini. Paling asyik kalau kamu jalan-jalan ke tempat wisata baru, apalagi belum pernah kamu kunjungi. Makanya, kami berikan rekomendasi tempat wisata terpopuler di Jawa Timur. FYI, secara pribadi kami memilih Kawah Ijen sebagai tempat terfavorit. Sebab, tempatnya begitu eksotis, juga sangat mengesankan. Kalau kamu suka tempat wisata yang mana? Tulis di kolom komentar, ya!

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.